UC News

Ditinggal Mudik, Barang Elektronik Digondol Maling

Ditinggal Mudik, Barang Elektronik Digondol Maling
Foto : Barang bukti yang dicuri/Ist

Sekadau, thetanjungpuratimes.com – Nekad mencuri di rumah kosong yang ditinggal penghuninya ke Jawa, Saifudin terpaksa berurusan dengan pihak berwajib. Pemuda 21 tahun itu, kepergok warga yang mengenali pelaku dan mengetahui sprei yang digunakan pelaku membawa barang curiannya.

Pelaku menjalankan aksinya di jalan Merdeka Timur, kilometer 7, Dusun Pangkin, Desa Mungguk, Kecamatan Sekadau Hilir, Sabtu (8/7) sore. Pelaku diketahui melancarkan aksinya siang hari saat ditinggal mudik penghuni rumah.

Kasat Reskrim Polres Sekadau, IPTU M Ginting, mengatakan, pelaku menjalankan aksinya di rumah kontrakan milik korban yang ditinggal mudik ke Jawa. Retno, salah seorang warga sekitar melihat pelaku turun dari bus di depan rumahnya. Retno bermaksud mencari suaminya yang saat itu tidak berada di rumah.

“Pelaku pergi ke rumah kontrakan yang berdekatan dengan rumah warga, yaitu Retno. Melihat kondisi rumah korban yang kosong, timbul niatnya untuk mencuri di rumah tersebut,” bebernya.

Ginting mengatakan, pelaku lalu mencongkel pintu belakang rumah korban dengan menggunakan linggis. Sejumlah barang-barang elektronik milik korban dicuri dan dibungkus dengan sprei berwarna merah.

“Saat keluar membawa barang curiannya, pelaku bertemu dengan suami Retno. Mereka sudah kenal, jadi awalnya tidak merasa curiga ketika pelaku mengatakan barang-barang yang dibungkus kain itu miliknya yang hendak dijual,” jelas Ginting, Senin (10/7).

Ia mengatakan, Retno yang awalnya tidak melihat pelaku membawa barang apapun dan mengenali sprei yang digunakan pelaku untuk membungkus barang curian itu milik korban yang merupakan tetangganya.

“Mereka berteriak dan memanggil pelaku, tapi pelaku melarikan diri. Warga kemudian mengejar pelaku,” ucapnya.

Ginting mengatakan, pelaku diamankan di jalan Merdeka Timur kilometer 9. Pihaknya, kata dia, langsung ke lokasi dan membawa palaku bersama barang bukti ke Mapolres Sekadau.

“Adapun barang bukti yang diduga dicuri pelaku diantaranya, satu unit DVD, receiver TV dan remotnya. Selain itu, helm serta parang panjang dan kain seprei warna merah,” pungkasnya.

(Yahya/Muh)

Topic: #mudik
READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot