UC News

Elektabilitas Jokowi Pun Turun! Hanya Tokoh Inilah Yang Suaranya Naik Menurut CRC

Masa kampanye Pilpres ternyata tak mampu menaikkan elektabilitas sebagian besar kandidat Capres - Cawapres. Trend mengejutkan terungkap dari Survei Celebes Research Center (CRC) yang dilakukan 23-31 Januari 2019 (tempo.co, 11/2).

Elektabilitas Jokowi Pun Turun! Hanya Tokoh Inilah Yang Suaranya Naik Menurut CRC
Menuju Pilpres (Sumber: nusantaranews)

Semua kandidat capres dan Cawapres menurut CRC elektabilitasnya cenderung turun selama masa kampanye dari September sampai dengan Januari. Hanya satu kandidat yang elektabilitasnya naik. Siapa dia? Sandiaga Uno.

Prabowo Vs Jokowi II (Sumber: loperonline)

Turunnya elektabilitas Capres - Cawapres tersebut disampaikan oleh Direktur Excutive CRC, Herman Heizer kemarin (10/2) di Menteng, Jakarta pusat (tempo.co, 11/2). "Tren elektabilitas Joko Widodo turun 0,8 persen, Prabowo Subianto turun 3,4 persen, Ma'ruf Amin turun 0,2 persen, sementara Sandiaga Uno naik 1,2 persen," demikian jelas Heizer.

01 VS 02 (Sumber: mansinamnews)

Kenaikan elektabilitas Sandi saat yang lain turun tersebut bisa dimaklumi, karena memang sangat rajin kampanye ke daerah-daerah. Bahkan sampai saat ini Sang Mantan Wagub DKI telah mencapai 1.122 titik kampanye (suarajaktim.com, 11/2).

Meski elektabilitas kandidat yang lain turun bukan berarti kampanye mereka tidak berguna. Karena menurut survei CRC ternyata publik mengenal semua kandidat yang berlaga di atas 90 persen. Keterkenalan yang tertinggi adalah Jokowi dengan 99,5 persen. Lalu Prabowo menyusul dengan 95,8 persen. KH. Ma'ruf Amin menyusul dengan 90,3 persen. Yang terakhir Sandi dengan 90,2 persen (tempo.co, 11/2).

Memang survei CRC masih menempatkan Jokowi-Ma'ruf Amin unggul dengan 56,1 persen melawan Prabowo-Sandi dengan 37,1 persen (tempo.co, 11/2). Tetapi kecenderungan menurunnya elektabilitas Paslon 01 harus segera diatasi, karena agaknya pergerakan Sandi terus mengancam dan perlu diwaspadai...I].

Topic: #joko widodo
READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot