UC News

Fakta Menarik Seputar Mobil Esemka

Fakta Menarik Seputar Mobil Esemka
Sumber : https://cintamobil.com

Journeytv – Mobil Esemka merupakan salah satu produk karya dari anak bangsa, tak lepas dari kontroversi saat kemunculannya ada yang senang ada juga yang tak senang, mobil ini sudah dipasarkan akan tetapi beberapa instansi belum berani tampil kepada masyarakat pada ajang pameran, akan tetapi kita selaku warga Negara Indonesia sudah sepantasnya mendukung dari produk karya anak bangsa ini, dengan segala kekurangan dan kelebihannya berikut beberapa fakta menarik mengenai Mobil Esemka ini.

1. Pertama kali digunakan oleh Bapak Jokowi pada tahun 2012.

Sumber : https://cintamobil.com

Pada saat itu pak Jokowi masih menjabat sebagai Walikota Surakarta, sejak digunakan olehnya membuat Mobil Esemka mulai dikenal banyak orang, dan melibatkan berbagai siswa SMK dalam proyek tersebut.

2. Pabrik Esemka yang diresmikan oleh Presiden Jokowi.

Sumber : https://cintamobil.com

Melalui PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) selaku produsen dari Esemka, diresmikan oleh Presiden Jokowi pada 6 september 2019 lalu yang berada di desa demangan, kecamatan samba kabupaten boyolali.

3. Sudah memiliki 4 model produk.

Sumber : https://cintamobil.com

Tak hanya berfokus pada satu model produk saja, PT SMK memproduksi 4 model produk, yaitu tipe pick up single cabin yang diberi nama Bima-Esemka, kemudian tipe penumpang dengan double cabin dengan nama Digdaya-Esemka dan satu lagi tipe penumpang minivian diberi nama Borneo SMK.

4. Spesifikasi dan harga Mobil Esemka.

Sumber : https://cintamobil.com

Mobil ini sudah dibekali dengan mesin 1,2 L E-power 14 DOHC yang memiliki daya maksimum 72 kW dengan torsi maksimum mencapai 119 Nm, dengan dimensi Esemka memiliki panjang 4,560 mm lebar 1,646 mm dam tinggi 1,890 mm serta boks dengan ukuran 2,750 mm x 1,600 mm x 460 mm, urusan harga mobil ini ditaksir dengan harga 95 juta off the road.

5. Mampu menyerap 300 karyawan.

Dengan adanya pabrik PT SMK ini tak hanya memberikan keuntungan pada pihak perusahaan saja akan tetapi mampu mensejahterakan masyarakat dengan memberdayakan sebagai karyawan, saat ini sudah mencapai 300 karyawan yang bekerja akan tetapi tak menutup kemungkinan akan bertambah seiring dengan pertumbuhan perusahaan.

6. Tidak mau disebut mobil Nasional.

Sumber : https://cintamobil.com

Direktur PT SMK Eddy Wirajaya menyampaikan atas dugaan bahwa mobil ini dari china dan di Indonesia hanya perakitan saja , beliau menepis dugaan tersebut bahwa Esemka ini murni diproduksi oleh PT SMK.


Seperti dilansir oleh https://m.detik.com

Sumber : https://m.detik.com

Topic: #esemka #mobil
READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot