UC News

Gak Nyangka! 5 Fakta Unik Semut

Gak Nyangka! 5 Fakta Unik Semut
Pemilik hak cipta: Owly


Semut adalah jenis serangga yang seharusnya patut dicontoh karena dengan sifatnya yang suka menolong dan kebersamaannya sangat menarik perhatin. Di dunia ada sekitar 10.000 lebih spesies semut, wah banyak banget yah. Ukuran semutpun beragam, mulai dari ukuran 2mm hingga 7mm. semut adalah hewan yang terkenal dengan berkoloni sehingg akan berkelompok dengan sesama spesiesnya. namun jarang diketahui bahwa semut sebenarnya memiliki banyak kelebihan yang jarang diketahui oleh banyak orang, berikut fakta unik semut versi owly…

1. Serangga Kuat

Sumber: Kaskus.co.id

Dilansir dari Yukepo.com semut merupakan serangga yang kuat, bahkan semut ini dapat mengangkat beban 50x lipat beratnya dibandingka dengan tubuhnya loh. Jadi jangan kaget yak lo semut bisa angkat sisit, lipan dan binatang lainnya. Kekuatannya didapatkan darimana sih? Gak nyangka banget ternyata kekuatanya ini didapatkan dari tubuhnya yang kecil loooh. Kok bisa?? Menurut penelitian dari Arizona State University, karena tubuh semut yang kecil sehingga luas penampangnya lebih besar, bahkan serangga yang satu ini kekuatannya melebihi hewan lainnya yang ukurannya lebih besar darinya.

2. Serangga Pintar

Sumber: Pustaka.agedangrejo.web.id
Sumber: Bobo.grid.id

Jadi pada bingung gak kenapa owly sebut semut ini sebagai serangga? Jadi semut ini termasuk spesies serangga dan memiliki kekerabatan dengan tawon ya, mungkin kalian udah pernah denger dari artikel owly tentang semut panda yang menyerupai tawon. Nah semut ini sodaraan sama tawon. Dikalangan serangga lainnya semut adalah yang paling pintar ya, dilansir dari Yukepo.com semut memiliki sekitar 250.000 sel otak, ukuran yang besar untuk seekor semut ya…

3. Serangga Sistem Monarki

Sumber: Re-tawon.com

Kenapa nih owly bilang sistem monarki, karena dalam satu koloninya pasti memiliki 1 ratu biasanya ukurannya yang lebih besar, dikutip dari Dw.com tugas dari ratu semut ini hanya memproduksi telur atau meneruskan keturunan dari semut, dan terdapat 1 jantan yang produktif untuk membuahi, dan biasanya setelah membuahi jantan tersebut akan mati setelah beberapa hari. Semut yang tugasnya mencari makan, menjaga telur dan membuat sarang adalah semut pekerja, dan ada juga semut yang biasnya memimliki tugas menjaga sarang adalah semut tentara.

4. Suka Berbagi (Punya 2 Perut)

Sumber: Dream.co.id

Dilansir dari Kaskus.com, semut memiliki 2 perut. Perut pertama adalah untuk dirinya dan makanannya yang kemudian akan diteruskan ke saluran pencernaannya. Perut yang kedua adala untuk menyimpan cadangan makannan yang akan dibagi-bagikan kepada semut lainnya.

5. Tidak Punya Telinga

Sumber: Animals.fandom.com

Sebenarnya semut ini tidak memiliki telinga, namun bukan berarti semut tidak bisa mendengar yaaa.. semut bisa mendengar semua omelan kamu yang biasanya dikarenakan makannmu dimakan semut, pendengaran itu berasal dari sensor yang berada pada lututnya. Dan dikutip dari kaskus.com antenna yang dimiliki oleh semut ini digunakan untuk peraba serta pembau saat semut hendak mencari makanan. Bahkan ada makanan ditinggal 1 menit aja semut udah pada ngerubungin ya hehe..


Pemilik hak cipta: Owly

SUMBER:

https://www.yukepo.com/hiburan/sains/7-fakta-unik-tentang-semut-ini-mengejutkan-banget-kamu-pasti-nggak-nyangka-deh/

https://www.dw.com/id/fakta-menarik-tentang-semut/g-18657534


Topic: #semut
READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot