UC News

Gawat, Aplikasi Android Populer Ini Ternyata Menyebarkan Malware!

Gawat, Aplikasi Android Populer Ini Ternyata Menyebarkan Malware!
Copyright©Gamebrott

Aplikasi Android VPN Palsu Menyebarkan Malware

Smeaker.com – Ada kabar buruk bagi kalian pengguna smartphone, dimana baru-baru ini telah beredar kabar jika ada Aplikasi Android Populer yang diduplikat oleh para penjahat Cyber guna menyebarkan malware kepada perangkat korbannya.

Berdasarkan laporan terbaru, para pelaku kejahatan ini sengaja membuat aplikasi palsu guna mengecoh para pengguna smartphone. Mereka bahkan sampai rela membuat sebuah situs yang menyerupai situs asli dari penyedia aplikasi VPN tersebut.

Aplikasi Android Populer yang dipalsukan ini adalah NordVPN yang memang sangat terkenal diseluruh dunia. Nah dari situr NordVPN palsu tersebut, para pelaku ini menyebarkan trojan perbankan Win32.Bolik.2 yang telah berhasil ditemukan oleh para peneliti di Doctor Web.

Copyright©AndridPCreviewe

Tak mengherankan jika banyak sekali korban yang tertipu dengan situs palsu tersebut, karena para pelaku ini memang mendesainnya dengan sangat mirip menyerupai aslinya. Parahnya lagi, situs tersebut juga memiliki sertifikat SSL yang membuatnya nampak asli, serta Aplikasi Android ini juga lolos dari pengecekan keamanan oleh browser.

Nah dalam postingan blognya tersebut, para peneliti di Doctor Web ini memberikan penjelasan tentang kemampuan dari malware trojan.Win32.Bolik.2 tersebut dengan detail.

“Win32.Bolik.2 adalah versi peningkatan dari Win32.Bolik.1 dan mempunyai kemampuan multicomponent polymorphic file virus. Dengan malware ini, hacker bisa melakukan web injections, traffic intercepts, keylogging, dan mencuri informasi dari berbagai sistem klien bank yang berbeda,” tulis blog tersebut, dikutip dari laman Inet.Detik.

Para pelaku penipuan Aplikasi Android ini menargetkan korban yang berbahasa inggris, dan sampai saat ini sudah ada ribuan korban yang tertipu oleh situs palsu NordVPN tersebut. Dan didalam situs ini, para korban juga diminta untuk mengunduh aplikasi yang mereka siapkan seperti versi aslinya.

READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot