UC News

Gedong Songo, Pesona Candi di Kaki Gunung!

Gedong Songo, Pesona Candi di Kaki Gunung!
Referensi pihak ketiga

Jika bertandang ke Kota Semarang, orang-orang pasti menyempatkan untuk mengunjungi wisata yang menjadi ikon dari kota bersejarah ini bukan? Lawang sewu misalnya. Namun bagi kamu yang sudah berkali-kali ke Semarang yang mungkin bosan dengan destinasti di pusat kota, kamu bisa beralih ke alternatif destinasi lainnya, salah satunya Candi Gedong Songo.

Terletak di lereng Gunung Unggaran yang berada di ketinggian 1.200 Mdpl, Kabupaten Semarang, candi ini menawarkan pemandangan alam yang luar biasa ciamik, kawan! Jika diperhatikan lebih detail, kamu yang sering mengunjungi wisata candi sekilas bisa melihat kemiripannya dengan Candi Arjuna di Dieng, Wonosobo. Kedua candi ini, memang hasil kebudayaan bercorak hindu pada masanya, kawan.

Referensi pihak ketiga

Satu hal yang membuat candi ini unik dan beda dari yang lain yaitu lokasi satu candi ke candi lain yang cukup berjauhan lho. Dibutuhkan sedikit waktu untuk mencapai satu persatu lokasinya, namun perjuangan kamu dijamin terbayarkan dengan pemadangan alam luar biasa di sekitaran candi ini.

Kawan, sesuai dengan namanya, Candi Gedong Songo memang terdiri dari 9 candi. Pada tahun 1804, konon candi ini ditemukan oleh Gubernur Inggris, Raffles. Saat itu, diketahui jika Raffles hanya menemukan 7 candi saja, maka pada saat itu candi ini dinamakan nama Gedong Pitoe. Namun, melalui rangkaian penelusurannya tahun 1908-1911, seorang arkeolog Belanda bernama Van Stein Callenfels berhasil menemukan 2 candi lainnya. Meskipun seharusnya candi ini berjumlah 9, sayangnya saat ini jika kamu mengunjunginya, kamu hanya bisa melihat 5 candi saja.

Referensi pihak ketiga

Meskipun koleksinya sudah tidak lengkap, seperti halnya di beberapa candi yang terkenal di Indonesia, Candi Gedong Songo juga menyimpan beberapa arca diantaranya, Arca Durga (Istri dari Dewa Siwa), Ghanesa (Anak Dewa Siwa), Agastya (Resi), Nandiswara serta Mahakala (Pengawal Dewa Siwa).

Selain melihat hasil budaya, ada hal lain yang membuat Candi Gedong Songo ini unik, kawan. Kawasan candi ini ternyata mempunyai sumber air panas alami yang berada di sebuah gua diantara candi ke-3 dan 4. Tak jarang, wisatawan yang memilih untuk berendam di sumber air ini lho. Nggak cuma itu, dari kawasan ini juga kamu juga bisa melihat pemadangan alam yang luar biasa dari Gunung Merbabu, Temoloyo, Andong, dan Gunung Sumbing. Jadi pilihlah waktu menjelang sore hari dan saat cuaca cerah untuk menikmati karya alam ini ya!

Sumber: https://www.coklatkita.com/wisata/candi-gedong-songo-tempat-olahraga-sambil-wisata

READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot