UC News

Ginjalmu Rusak Jika Membiasakan 4 Hal Ini, No 3 Kerjaan Pria Sehari Hari

Ginjalmu Rusak Jika Membiasakan 4 Hal Ini, No 3 Kerjaan Pria Sehari Hari
Health.detik.com

Salah satu organ penting pada tubuh ialah Ginjal. Ginjal memiliki fungsi sebagai penyaring zat-zat buangan (limbah) dalam tubuh, baik yang berasal dari makanan, obat-obatan, maupun zat beracun.

Menurut yang kami lansir dari Hellosehat.com (10/6/2019) Ginjal menyaring 200 liter darah setiap hari. Dari sekian banyak darah yang disaring, terdapat 2 liter zat buangan yang harus dikeluarkan lewat urine. Karena itulah, organ ini dilengkapi dengan sepasang ureter, sebuah kandung kemih, dan uretra yang akan membawa urine keluar dari tubuh.

Untuk merawat organ ginjal kamu harus mengetahui beberapa penyebabnya termasuk kebiasaan kebiasaan yang dilakukan sehari-hari.

Menurut yang kami lansir dari Doktersehat.com (10/6/2019) berikut adalah kebiasaan buruk yang dapat merusak ginjal

1 Minum Sambil berdiri
Portal-islam.id

Jika kamu berada dalam posisi berdiri sambil minum, maka air putih langsung mengalir seperti air terjun melalui pencernaan makanan. Air menuju dinding perut dengan kekuatan yang sama dan ini bisa menyebabkan kerusakan ringan pada daerah sekitarnya, Termasuk ginjal.

Hal ini dapat mengganggu proses infiltrasi alami atau penyaringan air yang masuk ke dalam pencernaan. Kotoran bisa terakumulasi di kandung kemih atau dalam beberapa kasus, seperti kencing berdarah.

2. Jarang minum
Kekurangan minum membuat bibir kering dan pecah-pecah Sumber / Idntimes.com

Saat tubuh kekurangan air setiap harinya, ginjal akan bekerja dengan lebih kuat. Urine yang disaring akan lebih pekat dan menyebabkan mengkristal. Kalau peng-kristalan terjadi, kemungkinan besar bisa menjadi batu ginjal. Selain peng-kristalan, ada juga kerusakan pada jaringan yang digunakan untuk penyaringan.

3. Alkohol dan rokok 
Merdeka.com

Alkohol dan rokok menyebabkan tubuh menyerap racun dalam jumlah banyak. Racun yang masuk ke dalam tubuh bisa ikut ke peredaran darah dan akhirnya masuk ke ginjal. Kalau konsumsi dua hal ini terus dibiarkan kemungkinan terjadi gangguan ginjal akan besar.

4. Sering duduk
Hellosehat.com

Duduk terlalu lama juga menyebabkan ginjal mengalami gangguan. Bahkan, ginjal bisa mengalami inflamasi dan juga nyeri yang cukup kuat. Pinggang dan tulang belakang biasanya akan terdampak dan membuat Anda tidak nyaman saat duduk dan juga berjalan dalam tempo yang cukup lama.

Itulah 4 kebiasaan buruk yang akan merusak ginjal . Kalau kamu bekerja di kantor dan duduk terlalu lama setiap hari, ada baiknya untuk melakukan peregangan dan banyak minum air putih. Setelah duduk selama 2-3 jam coba berdiri dan berjalan selama 5 menit. Dengan berjalan, ginjal tidak akan terlalu lelah bekerja.

Sumber referensi :


  • Doktersehat.com/kebiasaan-merusak-ginjal/
  • Hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/pemeriksaan-fungsi-ginjal-dan-penyakit/


Topic:
READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot