UC News

Gunung Aktif Ada di Antartika, Di Duga Terdapat Makhluk Paling Tidak Dimengerti Di Sana

Gunung Aktif Ada di Antartika, Di Duga Terdapat Makhluk Paling Tidak Dimengerti Di Sana
Referensi pihak ketiga

Jika kita membayangkan bagaimana antartika, kebanyakan orang akan berpikir jika itu adalah tempat yang sangat dingin yang sepenuhnya ditutupi oleh es dan salju. Sebenarnya itu tidak sepenuhnya benar karena ada beberapa tempat yang kering, tidak tertutupi salju, bahkan sangat panas.

Meskipun keberadaannya kemungkinan kurang dari 1 persen atau mungkin kurang dari 0,1 persen dari keseluruhan Antartika (Dry Valley Antartika, tempat kering di Antartika mencakup 0,03 persen). Salah satu tempat yang memiliki kehangatan bahkan terbilang sangat panas adalah Gunung Erebus.

Gunung Erebus Memiliki Danau Lava dan Masih Aktif

Referensi pihak ketiga

Gunung ini terletak di tempat paling selatan di dunia, di Pulau Ross, Antartika. Meskipun salju, batu, dan gletser menutupi sisi gunung ini, tetapi gunung di masih dalam keadaan aktif bahkan memiliki danau lava sehingga uap biasanya terlihat dari puncak gunung ini. Hal itu menambah kesan panasnya gunung aktif ini.

Sulit Untuk Menjelajahi Lebih Lanjut

Referensi pihak ketiga

Gunung Erebus merupakan gunung yang sangat terpencil karena sulit untuk dikunjungi. Oleh karena itu para ilmuwan hanya bisa melihat letusannya sebagian besar dari foto yang diambil satelit. Namun, pada tahun 2013 sebuah tim kecil mencoba mengintip kaldera Erebus. Mereka terkejut melihat sedikit pergerakan dari organisme yang hidup di panasnya gunung berapi tersebut.

Kemungkinan Banyak Makhluk Bakteri Tidak Dikenal

Referensi pihak ketiga

Para ilmuwan yakin bahwa ada beberapa bentuk bakteri yang paling tidak dimengerti di dunia ini tumbuh subur di gua-gua yang berada di sana. Namun karena berada pada tempat yang tertutup lapisan es dan di dalam terdapat panas yang berasal dari Gunung Erebus sendiri, pendakian akan sangat beresiko.

Sumber : Listverse

Topic: #es #gletser
READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot