UC News

H+15 Lebaran, Jalur Purwokerto-Tegal Masih Padat

PADAT - Sejumlah pemudik yang akan kembali ke kota-kota besar masih melintas di Jalur Purwokerto-Tegal. (teguh supriyanto/radar brebes)

H+15 Lebaran, Jalur Purwokerto-Tegal Masih Padat

BUMIAYU - Arus balik kendaraan masih nampak melintas di jalur utama Tegal-Purwokerto, memasuki pekan terakhir libur sekolah bagi para siswa. Beberapa diantara mereka terdapat anak usia sekolah yang hendak kembali, setelah mengisi libur Lebaran bersama orang tuanya.

Sejumlah pengendara sepeda motor terlihat membentuk kelompok-kelompok kecil, melaju dari arah Kabupaten Banyumas memasuki Kabupaten Brebes dari arah Paguyangan. Meski jauh lebih menurun dibandingkan musim mudik Lebaran, namun pantauan arus lalu lintas di jalan lingkar Bumiayu terlihat kendaraan arus balik masih terlihat.

"Semenjak pagi hingga siang hari, baik sepeda motor maupun mobil pemudik yang akan kembali ke kota-kota besar, masih melintas. Namun demikian kondisi lalu lintas terpantau lancar," jelas Petugas Dinas Perhubungan Provinsi Jateng, Joko, di Terminal Bumiayu, kemarin.

Mekipun jumlah kendaran arus balik tidak lagi mendominasi, namun keberadaan mereka yang membedakan dengan kendaraan lokal. Terutama untuk pengguna sepeda motor, lengkap dengan barang bawaannya.

Selain kondisi lalu lintas lanjut dia, peningkatan jumlah penumpang juga terjadi di Terminal Bumiayu semenjak akhir pekan kemarin. Peningkatan khususnya untuk tujuan sejumlah wilayah di DKI dan Jawa Barat.

"Sejak hari Sabtu sudah ada peningkatan jumlah penumpang, setelah sebelumnya sempat mereka seiring berakhirnya musim Lebaran," terang Joko.

Menurut dia, kondisi tersebut diperkirakan dengan akan berakhirnya libur sekolah, setelah sebelumnya ikut orang tua untuk mudik di kampung halaman. "Sesampainya di kota tujuan, para orang tua harus kembali mempersiapkan keperluan. Baik mencari kelengkapan sekolah, atau daftar ulang," imbuh dia.

Hal tersebut dibenarkan oleh Hanifah, 38, perantau asal Bumiayu yang hendak berangkat menuju Bekasi bersama keluarganya. Dia mengaku libur lebaran kali ini, cukup panjang karena juga bersamaan dengan musim libur sekolah.

"Sebetulnya masih ada waktu sampai saat masuk sekolah, tapi nanti sesampaikanya di Bekasi masih perlu siap-siap buat keperluan anak kembali sekolah," ujarnya. (pri/ism/zul)

Topic: #lebaran
READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot