UC News

HUAWEI Pamerkan Ponsel Dengan LCD yang Memungkinkan Teknologi Sidik Jari Dalam Layar!

Penggunaan sensor sidik jari di layar merupakan fitur yang sangat populer ponsel Android. Namun fitur ini hanya dapat diimplementasikan pada layar AMOLED yang secara harga lebih mahal daripada LCD. Baru-baru ini, pabrikan China, HUAWEI, memiliki LCD yang bisa menerapkan sensor sidik jari di layar, yang mereka pamerkan di HUAWEI Developer Conference.

Sejauh ini, semua smartphone yang dilengkapi dengan sensor pemindai sidik jari dalam layar memiliki layar berjenis AMOLED, yang otomatis memiliki harga lebih mahal dari layar berjenis LCD. Berita baik, sekitar setahun yang lalu muncul laporan bahwa ponsel dengan layar LCD pun juga akan mampu memiliki teknologi pemindai sidik jari dalam layar pada tahun 2019 ini, namun belum ada satupun produsen ponsel yang mengumumkannya. Selanjutnya kembali pada bulan April lalu, dilaporkan bahwa teknologi layar LCD dengan pemindai sidik jari dalam layar tengah dikembangkan. Dan baru-baru ini muncul sebuah video demonstrasi yang dilakukan oleh HUAWEI dengan penerapan teknologi baru ini.

Video demonstrasi tersebut diunggah oleh akun Xiaomishka di Twitter yang ditengarai diambil saat ajang HUAWEI Developer Conference 2019. Tidak jelas ponsel HUAWEI apa yang didemonstrasikan karena tersembunyi dalam casing, namun terlihat ponsel tersebut tidak memiliki lubang punch, sehingga dianggap memiliki kamera self-pop.

Unggahan video di Twitter mengatakan bahwa ponsel ini didukung teknologi pemindai sidik jari di layar LCD yang didasarkan pada solusi kamera inframerah, yang pada dasarnya mengabaikan jenis panel LCD dan membuka kunci dengan kecepatan 300 ms, yang artinya sedikit lebih cepat daripada teknologi dalam OnePlus 6T yang terbuka dalam 0,34 detik. Seperti diketahui, dibandingkan dengan panel AMOLED, smartphone dengan panel LCD tidak perlu dimodifikasi untuk sidik jari di layar dan hanya perlu dilengkapi dengan teknologi inframerah optik yang tidak memancarkan cahaya sebagai sarana meningkatkan kecepatan pengenalan sidik jari. Maka dengan adanya teknologi baru ini, HUAWEI dapat menginstal sidik jari di layar pada perangkat segmen harga rendah dengan layar LCD.

HUAWEI Pamerkan Ponsel Dengan LCD yang Memungkinkan Teknologi Sidik Jari Dalam Layar!

OnePlus 6T

Meski demikian, belum diketahui secara jelas apakah ini merupakan ponsel prototipe yang dirancang untuk tujuan menguji teknologi sensor sidik jari layar LCD atau apakah ini memang wujud smartphone HUAWEI yang akan segera diluncurkan. Jika ini ponsel yang akan segera dirilis, maka detail lebih lanjut akan segera muncul.

READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot