UC News

Hal Diluar Nalar Terjadi Saat Makam syekh Nawawi Dibongkar Oleh Pemerintah Arab Saudi

Hal Diluar Nalar Terjadi Saat Makam syekh Nawawi Dibongkar Oleh Pemerintah Arab Saudi
Referensi pihak ketiga / Syekh Nawawi Al-Bantani

Nama lengkapnya ialah Abu Abdul Mu’thi Muhammad Nawawi bin ‘Umar bin Arabi al-Jawi al-Bantani. Ia dilahirkan di Tanara, serang, Banten, pada tahun 1230 H/1813 M. Ayahnya seorang tokoh agama yang sangat disegani. Ia masih punya hubungan nasab dengan Maulana Syarif Hidayatullah atau Sunan Gunung Jati (Cirebon).


Pada usia 15 tahun, Nawawi muda pergi belajar ke Tanah Suci Mekkah, karena saat itu Indonesia –yang namanya masih Hindia Belanda- dijajah oleh Belanda, yang membatasi kegiatan pendidikan di Nusantara. Beberapa tahun kemudian, ia kembali ke Indonesia untuk menyalurkan ilmunya kepada masyarakat.


Tak lama ia mengajar, hanya tiga tahun, karena kondisi Nusantara masih sama, di bawah penjajahan oleh Belanda, yang membuat ia tidak bebas bergiat. Ia pun kembali ke Makkah dan mengamalkan ilmunya di sana, terutama kepada orang Indonesia yang belajar di sana.


Banyak sumber menyatakan Syekh Nawawi wafat di Makkah dan dimakamkan di Ma’la pada 1314 H/1897 M, namun menurut Al-A’lam dan Mu’jam Mu’allim, dua kitab yang membahas tokoh dan guru yang berpengaruh di dunia Islam, ia wafat pada 1316 H/1898 M.


Makam Syekh Nawawi Masih Utuh saat Dibongkar

Referensi pihak ketigal lokasi makam syekh Nawawi

Di Arab Saudi, terdapat kebijakan untuk membongkar kuburan yang telah berumur lebih dari setahun. Prosesnya yakni, tulang belulang mayat yang terdapat pada kuburan, kemudian disatukan dengan tulang belulang mayat lainnya.


Hal ini jugalah yang dilakukan pada makam Syekh Nawawi. Kuburannya yang telah genap setahun saat itu, harus dibongkar. Namun, yang mengejutkan pihak yang membongkar makam ulama besar itu adalah, jasad putra daerah Banten itu masih utuh.


Saat kuburan dibongkar, tak ada bekas lecet atau tanda pembusukan pada umumnya. Setelah dilakukan penelusuran mengenai makam yang sebelumnya, tidak diketahui bahwasannya itu adalah makam Syekh Nawawi.


Alhasil membuat pemerintah kota Arab Saudi pada saat itu menerbitkan larangan untuk membongkar makam orang luar biasa tersebut. Akhirnya makam itu, kini masih berada seperti sediakala di Ma'la Makah.



Banyak Melahirkan Tokoh-tokoh Besar

Referensi pihak ketiga/ KH. Hasyim Asy'ari


Syekh Nawawi al-Bantani merupakan tokoh besar Islam Indonesia yang melahirkan banyak pemimpin dan pendiri organisasi Islam di Indonesia. Sejumlah ulama terkemuka tanah air tercatatat sebagai muridnya, misalnya pendiri Nahdlatul Ulama Hadratussyekh KH Hasyim Asyari, pendiri Muhammadiyah KH Ahmad Dahlan, pimpinan Mathlaul Anwar KH Mas Abdurrahman, dan pimpinan Persatuan Tarbiyah Islamiyah Syekh Sulaiman Ar-Rasuly.


KH. Hasyim Asy’ari sering disebut sebagai tokoh yang tidak bisa lepas dari sejarah berdirinya NU, maka Syekh Nawawi adalah guru utamanya.


Semoga bermanfaat.


Sumber: bangkitmedia.com/bertahun-tahun-wafatnya-jenazah-syekh-nawawi-al-bantani-masih-utuh/ Dan www.nu.or.id/post/read/92885/syekh-nawawi-lahirkan-banyak-ulama-di-indonesia-

READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot