UC News

Hati-Hati, Jaga Diri! Jenis Foto Ini Jangan Dibagikan di Media Sosial

Hati-Hati, Jaga Diri! Jenis Foto Ini Jangan Dibagikan di Media Sosial
jason-queally.com

Banyak sekali foto yang beredar di media sosial. Mulai dari pemandangan, makanan, hingga hasil test pack aja ada. Namun tak semua jenis foto aman dipajang di media sosial.

Dilansir dari idntimes.com (06/08/19), ada beberapa jenis foto yang sebaiknya tidak diperlihatkan di media sosial dengan alasan keamanan.

1. Boarding pass

idntimes.com

Memamerkan foto liburan sih sah-sah saja. Namun hindari memajang foto boarding pass kamu. Karena nomor kartu identitas, tanggal lahir, tempat tujuan dan data lainnya bisa digunakan hacker untuk mencuri identitasmu.

2. Kartu identitas

jambiupdate.co

Jangan pernah memajang foto KTP atau kartu identitas kamu lainnya di media sosial. Karena didalamnya berisi informasi pribadi yang bisa disalahgunakan orang yang berniat jahat.

3. Uang, kartu kredit, dan slip gaji

indowarta.com

Hindari memajang foto-foto yang bisa menunjukkan kondisi keuanganmu. Misalnya uang cash, kartu kredit serta slip gaji. Karena sama saja kamu mengundang penjahat.

Seperti yang pernah terjadi pada Tony Harris yang dimuat dalam indowarta.com (04/09/17). Tiga minggu setelah Tony memamerkan foto uangnya di akun FB, ia didatangi perampok. Ternyata setelah Tony mengatakan bahwa uang itu sebenarnya tidak ada, Tony ditembak didepan istri dan tiga anaknya.

4. Wajah anak di bawah umur

goodtoknow.co.uk

Memang hal ini sering dilakukan banyak orang. Tapi kalau mau aman, sebaiknya tidak membagikan wajah anak di bawah umur untuk menghindari mereka dari kasus bullying, pencurian anak, apalagi pedofil. Amit-amit deh.

5. Foto yang dijepret orang lain

iso.500px.com

Hati-hati membagikan foto hasil jepretan orang lain. Sebaiknya izin dulu atau jangan lupa mencantumkan kredit/sumber foto tersebut. Jika tidak, bisa-bisa dituntut sang pemilik foto.

Topic: #pedofil
READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot