UC News

Honda NR500, Cara Cerdas Honda Mengakali Regulasi Balapan, Piston Oval Bikin V4 Serasa V8!

Honda NR500, Cara Cerdas Honda Mengakali Regulasi Balapan, Piston Oval Bikin V4 Serasa V8!

Honda NR500

GridOto.com - Mengenang motor sport Honda yang memiliki mesin V8 dalam bentuk 4 silinder yang berbentuk elips.

Motor tersebut bernama Honda NR500, yang diproduksi pada tahun 1979.

Dilansir dari Motosaigon.vn, NR500 diklaim jadi motor pertama di dunia yang dikembangkan oleh Honda dengan piston berbentuk oval atau lonjong.

Motor ini dekembangkan langsung oleh HRC (Honda Racing Corporation) untuk bersaing di ajang balap motor Grand Prix kala itu.

(Baca Juga: Seken Keren: Masih Jadi Flagship SUV Honda, Biaya Servis CR-V di Bengkel Spesialis Cuma Segini)

Honda NR500 dilengkapi dengan 32 katup dan 8 busi layaknya mesin V8, dan delapan stang piston.

Dengan menggunakan piston berbentuk oval, NR500 tetap berada dalam aturan ajang balap yang mengharuskan mesin kendaraan 4 silinder.

Meski sempat mengalami kesulitan dalam proses perancangan, NR500 berhasil dirakit dan diluncurkan di Grand Prix Inggris pada akhir 1979.

Usai diluncurkan di Grand Prix Inggris, Honda NR500 ini ditunggangi oleh Mick Grant dan Takazumi Katayama.

PistonHonda NR500

Dengan mesin yang unik ini, NR500 mampu menghasilkan tenaga 130 dk pada 20.000 rpm.

Biar tidak penasaran dengan bentuk mesinnya, langsung saja simak foto-foto berikut :

Proses pembuatan Honda NR500

Mesin Honda NR500
READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot