UC News

Ilmuwan Tercengang, Manusia 5600 Tahun Lalu Mampu Ciptakan Ini!

Ilmuwan Tercengang, Manusia 5600 Tahun Lalu Mampu Ciptakan Ini!
Referensi pihak ketiga

Ketika mendengar ungkapan mengenai jaman batu, terbayang sosok manusia yang masih kuno dan memiliki teknologi yang apa kadarnya.

Namun, ternyata hal itu tidaklah selalu benar. Salah satu bukti majunya peradaban masa lalu baru ditemukan oleh ilmuwan baru-baru ini

Referensi pihak ketiga

Di sekitar pulau Skotlandia, ada pulau-pulau batu kecil yang jumlahnya mencapai ratusan. Yang mengejutkan adalah pulau tersebut bukanlah merupakan pulau alami melainkan sejenis pulau reklamasi yang telah diciptakan manusia 5600 tahun lalu.

Awalnya peneliti menduga pulau yang disebut Crannog itu lahir pada zaman besi sekitar 2800 tahun lalu. Tapi ternyata investigasi terbaru menunjukkan bahwa kemampuan reklamasi pulau telah dimiliki manusia sejak 5600 tahun lalu

Bukti pertama ditunjukkan tahun 1980an yang menyanggah dugaan pulau ini dibentuk sekitar tahun 800 sebelum masehi. Di tahun 2012, seorang penyelam dari angkatan lau Inggris, Chris Murray menemukan pot dari zaman Neolitik di dekat dasar laut bawah pulau.

Investigasi berlanjut pada pulau kecil bernama Loch Arnish, Loch Bhorgastail dan Loch Langabhat.

Referensi pihak ketiga

Pulau yang ukurannya hanya sekitar 10 meter tersebut diambil batuannya dan dites dengan penanggalan radioaktif. Meski demikian baru 10% batu yang dites dan kemungkinan bahwa pulau ini ternyata jauh lebih tua semakin besar.

Wow luar biasa dan penuh kejutan ya teknologi masa lalu!


Sumber:

livescience(17/6/2019)

Topic:
READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot