UC News

Info Penting: Layanan Pembuatan dan Pepanjangan SIM Dihentikan

Info Penting: Layanan Pembuatan dan Pepanjangan SIM Dihentikan

*Menunggu Proses Smart SIM
PANGKALPINANG – Satuan Lalu Lintas Polres Pangkalpinang menutup layanan pembuatan dan perpanjangan SIM. Pasalnya, bakal ada Smart SIM di Kota Pangkalpinang dalam format yang lebih canggih. Saat ini, Satlantas masih menunggu peralatan dari pusat.

Secara keseluruhan, dipastikan bahwa SIM jenis baru itu tidak memiliki banyak perubahan dari segi mekanisme pelayanan hingga biaya. Hanya saja, bentuk kartu secara fisik memiliki tampilan baru dan terdapat beberapa fungsi tambahan pada Smart SIM.

Kata Kasat Lantas Polres Pangkalpinang, AKP Nicodemus Brahmana Satlantas Polres Pangkalpinang saat ini sedang melakukan upgrade sistem jaringan komputer untuk menunjang pembuatan Smart SIM.

“Smart SIM baru akan dilaunching pada Minggu (22/09) di Jakarta dan masyarakat sudah dapat menikmati SIM baru, pada Senin (23/9),” jelasnya seizin Kapolres Pangkalpinang.

Meningat masih dalam upgrade jaringan sistem komputer, Satlantas sampaikan permohonan maaf kepada masyarakat. Pasalnya sementara waktu tidak bisa melayani pembuatan atau perpanjangan SIM.


Untuk diketahui, smart SIM dibekali dengan teknologi canggih dan beberapa fitur modern yang disesuaikan dengan perkembangan teknologi saat ini.

“Di dalam cip Smart SIM terdapat data forensik kepolisian yang berisi informasi pemegang SIM dan termasuk riwayat pelanggaran yang dilakukan pemegang SIM,”kata Nicodemus.

SIM dengan cip tersebut bakal dilengkapi fitur e-money yang bisa menyimpan saldo. Smart SIM ini multi fungsi bisa digunakan untuk membayar e-tol ataupun pembayaran elektronik lainnya.

Yang tidak kalah hebat adalah segi keamanan. Di kartu Smart SIM tersebut, terdapat dua foto. Tujuannya, menambah tingkat keamanan sehingga data tidak dapat diduplikasi.

”Foto utama dan foto security menggunakan algoritma khusus sehingga cukup sulit untuk di duplikasi,”tukasnya.(tob)

Topic:
READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot