UC News

Ini Batas Ukuran Terbesar Sebuah Planet

Ini Batas Ukuran Terbesar Sebuah Planet
Referensi pihak ketiga

Curiosity.com (10/12/2019) - Jupiter adalah planet terbesar di tata surya. Dari segi massa, Jupiter menjulang di atas planet lain. Jika Anda mengumpulkan semua planet menjadi satu massa, Jupiter akan tetap 2,5 kali lebih besar.

Definisi untuk sebuah bintang adalah bintang itu harus cukup besar untuk memadukan hidrogen menjadi helium di intinya. Bintang urutan-utama adalah bintang di mana panas dan tekanan yang dihasilkan oleh fusi diimbangi oleh berat gravitasi bintang. Planet terbesar akan memiliki komposisi yang sama.

Referensi pihak ketiga

Matahari terbuat dari sekitar 75 persen hidrogen dan 24 persen helium, 1 persen lainnya merupakan unsur yang lebih berat. Jupiter kira-kira 71 persen hidrogen, 24 persen helium, dan 5 persen lainnya.

Dengan massa yang cukup, bagian dalamnya menjadi cukup panas untuk hidrogen mulai berfusi menjadi helium.

Beberapa tahun yang lalu, Jingjing Chen dan David Kipping melihat bagaimana ukuran planet dapat bervariasi tergantung pada massa mereka. Mereka menemukan bahwa ada titik transisi antara dunia tipe Neptunus, di mana lebih banyak massa cenderung meningkatkan ukurannya, dan dunia tipe Jupiter, di mana lebih banyak massa cenderung lebih banyak menekan gas.

Titik kritis itu sekitar setengah massa Jupiter, jadi planet-planet terbesar seharusnya ada di sekitar massa itu. Ini sesuai dengan observasi.

Referensi pihak ketiga

Planet ekstrasurya terbesar yang dikonfirmasi adalah WASP-17b. Itu kira-kira dua kali ukuran Jupiter tetapi hanya memiliki 49 persen massa Jupiter.

READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot