UC News

Ini Efek Samping KB Suntik yang Perlu Kamu Tahu! Nomor 3 Paling Dibenci Wanita

Ini Efek Samping KB Suntik yang Perlu Kamu Tahu! Nomor 3 Paling Dibenci Wanita
honestdocs.id

Saat ini alat kontrasepsi sudah jadi hal umum yang biasa digunakan para pasangan yang ingin mencegah kehamilan. Ada berbagai pilihan alat kontrasepsi, misalnya dalam bentuk pil atau suntik.

Kelebihan KB suntik adalah meminimalisir lupa minum pil dan bisa digunakan dalam jangka waktu lama. Meski begitu, tiap alat kontrasepsi ada plus dan minusnya. Dilansir dari liputan6.com (09/04/17), berikut efek samping alat KB suntik yang mungkin dialami wanita yang menggunakannya.

1. Menstruasi Anda mungkin akan berhenti

hellosehat.com

Menurut Direktur medis di Miami's FemCare Ob-Gyn, Jason James, M.D., hal yang paling umum dialami wanita yang memakai KB suntik adalah perubahan pola menstruasi. Pertama-tama bisa mengalami menstruasi tidak teratur. Nanti lama-lama, menstruasi akan terhenti.

Hal ini disebabkan hormon progesteron yang ada dalam KB suntik akan menipiskan dinding rahim sehingga siklus menstruasi seseorang terhenti. Setelah berhenti menggunakan KB suntik, biasanya tubuh akan mengalami pendarahan untuk menghilangkan sisa-sisa hormon dari KB suntik tersebut.

2. Butuh beberapa waktu agar bisa hamil setelah Anda berhenti menggunakan KB suntik

flipkart.com

Untuk kamu yang merencanakan kehamilan dalam waktu dekat, sebaiknya gunakan jenis pil KB saja. Menurut direktur obstetri di The Ohio State University Wexner Medical Center, Michael Cackovic, M.D., dibutuhkan waktu sekitar 10-22 bulan setelah menghentikan penggunaan KB suntik untuk menormalkan kembali tingkat kesuburan wanita.

3. Berat badan bisa bertambah

topsante.com

Nah ini yang paling dibenci wanita. Jangan kaget kalau setelah menggunakan KB suntik, badan jadi mekar. Kamu tidak sendirian.

Menurut hasil penelitian tahun 2009 yang terbit dalam American Journal of Obstetrics and Gynecology, diketahui bahwa pengguna KB suntik lebih dari 3 tahun, rata-rata berat badannya bertambah sekitar 5 kilogram. Sementara wanita lainnya yang menggunakan alat kontrasepsi yang lain mengalami peningkatan berat badan hanya berkisar 1,3 kg sampai 1,8 kg. Jadi bedanya jauh ya.

Meski KB suntik banyak kekurangan, tapi jenis ini termasuk yang efektif dalam upaya merencanakan kehamilan. Jadi sebaiknya kamu konsultasikan ke dokter jenis alat kontrasepsi terbaik yang paling pas buatmu.

Topic: #pil kb
READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot