UC News

Ini Kronologis 1 WNI Positif Virus Corona & Kondisinya Kini

Ini Kronologis 1 WNI Positif Virus Corona & Kondisinya Kini
Foto: Penampakan virus corona yang diisolasi (Foto: NMDC)

Jakarta, CNBC Indonesia - Baru-baru ini, Kementerian Kesehatan Singapura (Ministry of Health Singapore/MOH) mengkonfirmasi seorang tenaga kerja asal Indonesia (TKI) yang dinyatakan positif menderita wabah virus corona. 

TKI yang bekerja sebagai pembantu rumah tangga (PRT) tersebut merupakan salah satu dari enam kasus baru yang dilaporkan Singapura, Rabu (4/2).


Enam kasus baru ini terdiri atas empat orang yang melakukan kontak dengan rombongan turis asal China dan dua warga Singapura yang baru dipulangkan dari Wuhan.


"Kementerian Kesehatan telah memulai pelacakan kontak untuk mengidentifikasi individu-individu yang melakukan kontak dekat dengan kasus-kasus ini, sehingga dalam memagari dan membatasi penyebaran lebih lanjut," kata Menteri Kesehatan Singapura, Gan Kim Yong.

Enam pasien baru itu terdiri atas dua wanita Singapura yang bekerja di Yong Thai Hang, sebuah toko produk kesehatan yang banyak didatangi turis asal China. Dua wanita berusia 28 tahun dan 48 tahun itu tidak memiliki riwayat perjalanan ke China.

Keduanya dinyatakan positif virus corona secara berurutan pada Senin (3/2/2020) malam dan Selasa (4/2/2020) pagi waktu setempat.

Satu pasien lainnya merupakan seorang PRT yang bekerja untuk si pasien wanita berusia 28 tahun. PRT ini disebut berkewarganegaraan Indonesia dan berusia 44 tahun. PRT Indonesia ini pun diketahui tidak punya riwayat perjalanan ke China.

Dengan demikian, total kasus virus corona terkonfirmasi di Singapura sebanyak 24 kasus. Dengan satu pasien di antaranya dinyatakan sembuh pada Selasa (4/2) waktu setempat yakni seorang  pria berusia 35 tahun asal Wuhan. 

Kendati tidak memiliki riwayat perjalanan ke China, wanita 44 tahun  itu terbukti memiliki kontak langsung dengan kasus ke-19, yaitu seorang wanita berusia 28 tahun yang saat ini sedang diisolasi di SGH. Dilaporkan pula bahwa wanita tersebut tidak meninggalkan tempat tinggalnya sejak timbulnya gejala.

Saat ini WNI tersebut berada di ruang isolasi di SGH. Ia merupakan kasus ke-19 diantara pekerja asing di Singapura. Dalam tesnya memang terkonfirmasi jika WNI ini positif 2019-nCoV atau corona.

[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)

READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot