UC News

Ini Lho 7 Negara dengan Penduduk Paling Cerdas di Dunia, Indonesia Nomor Berapa?

Arip Official/UnikSeru---Kemajuan sebuah negara bisa dilihat dari berbagai sisi. Jika patokannya adalah materi yang sifatnya empiris, kita bisa melihat dengan kasat mata, mana negara yang memiliki infrastruktur komplit dengan sumber daya manusia paling kreatif dan produktif pada ide-ide baru. Jepang dan Amerika, mungkin masuk kategori. Namun bagaimana kalau patokannya adalah kecerdasan otak yang ditentukan berdasarkan nilai Intelligence Quotient (IQ), siapakah negara yang paling pintar di dunia ini?

Ini Lho 7 Negara dengan Penduduk Paling Cerdas di Dunia, Indonesia Nomor Berapa?
www.ican-education.com

Pernahkah Anda mendengar celetukan Rocky Gerung yang mengatakan begini, “IQ 200, tapi sekolam.” Sebuah sindiran yang menyinggung tentang IQ sekelompok orang. IQ sendiri, seperti dikutip dari zenius.net (diakses 10/02/2019), merupakan nilai kecerdasan seseorang yang diukur menggunakan parameter khusus. Konsep yang pertama kali dicetuskan oleh Francis Galton (sepupu Charles Darwin, penemu teori evolusi makhluk hidup) pada abad 19, yang lalu disempurnakan oleh Alfred Binet seorang psikolog Perancis pada akhir abad ini.

Skor IQ | www.zenius.net

Dikutip dari liputan6.com (diakses 10/02/2019), inilah 7 negara yang menurut daftar yang dipublikasikan oleh IQ-research info (sebuah lembaga yang melakukan penelitian tentang nilai IQ di berbagai negara) memiliki penduduk dengan rata-rata IQ dengan skor tinggi. Lantas, bagaimana dengan posisi “kecerdasan IQ” penduduk Indonesia? Mari kita lihat sama-sama.

7) Islandia

www.mbls.is

Islandia dikenal dengan sistem pendidikan dasarnya yang maju dan berbeda dengan negara lain. Di negara ini, durasi sekolah bagi siswa SD-SMP amatlah pendek, dan guru tidak pernah memberikan PR ke siswanya. Rata-rata IQ penduduk Islandia adalah 101. Barangkali karena budaya belajar tekun di mana orang-orang di negara ini lebih banyak menghabiskan waktu di dalam rumah saat cuaca dingin. Mereka memanfaatkan waktu dengan membaca banyak buku dan belajar.

6) Italia

Siswa SMA Italy | www.mmissions.org

Italia tak terlepas dari kejayaan peradaban ilmu di masa lalu saat masih menjadi pusat bagi Kekaisaran Romawi. Anak cucu orang Italia, rupanya masih mewarisi kegemilangan otak para nenek moyang. IQ rata-rata penduduk Italia mencapai angka 102. Italia juga merupakan tempat bagi penemuan-penemuan baru yang mengubah peradaban dunia.

5) Taiwan

www,imagenesmy.com

Negara yang tak pernah suka dikait-kaitkan dengan China ini memiliki rata-rata IQ 104. Taiwan belakangan semakin makmur negaranya karena tata kelola pemerintahan yang baik. Negara ini memiliki kampus-kampus yang bagus karena pemerintahannya yang punya perhatian khusus pada kaum muda.

4) China

Ujian sekolah di tempat terbuka | www.hvdh.site

China memiliki tingkat industri dan ekspor yang tinggi di berbagai negara dunia, dan barang-barangnya hampir selalu ada di mana saja. Itulah salah satu kepandaian China. Orang-orang China juga dikenal sangat cerdas dan pekerja keras. Anda bisa melihat jajaran medali di Olimpiade olahraga di mana biasanya China selalu bersaing ketat dengan Amerika. Di industri teknologi dan perdagangan, China tak bisa dipandang sebelah mata. IQ rata-rata orang China adalah 105, menempatkannya di posisi 4 dunia.

3) Jepang

Sekelompok girlband Jepang yang bertema remaja | www.japanesestation.com

Tak diragukan lagi, Jepang memiliki budaya kerja keras yang tinggi, bertanggung jawab, komitmen, dan pantang menyerah jika ingin menggapai sesuatu. Sistem pendidikannya spesial, di mana budi pekerti, budaya lokal, dan sains menjadi perhatian dan dijunjung tinggi. Kebudayaan yang unik itu, barangkali yang membuat IQ rata-rata orang Jepang mencapai 105.

2) Korea Selatan

www.idntimes.com

Korea Selatan merupakan negara dengan kecepatan Internet tertinggi di dunia. Hampir seluruh masyarakatnya melek gadget, dan sudah jamak melakukan transaksi perdagangan dengan teknologi IT. IQ rata-rata orang Korea Selatan adalah 106, lebih tinggi satu digit dari Jepang.

1) Singapura

www.centroone.com

Inilah negara terpintar di dunia dengan rata-rata IQ penduduknya yang mampu mencapai angka 108. Adalah Lee Kuan Yew, tokoh kharismatik sekaligus politikus Singapura yang berhasil membentuk Singapura menjadi negara paling maju se-Asia Tenggara. Lee menaikkan tingkat pendidikan orang Singapura, merombak total kurikulum, dan menjadikan Singapura sebagai tempat dengan sistem pendidikan terhebat di dunia. Keren, kan?

Lalu bagaimana posisi Indonesia?

Bonus

*) Indonesia

www.merdeka.com

Boro-boro masuk 10 besar, Indonesia berada di peringkat 20 bersama beberapa negara lain seperti Bolivia, Guyana, Irak, Myanmar, Tajikistan, Azerbaijan, Turkmenistan, dan Uzbekistan. Rata-rata IQ orang Indonesia berkisar di angka 87, masih di bawah orang Laos yang IQ rata-ratanya 89, tetapi lebih tinggi dari Fillipina yang rata-rata IQ-nya 86. Sementara jika dibandingkan dengan tetangga Malaysia, Indonesia masih kalah jauh, karena rata-rata IQ orang Malaysia adalah 92, Malaysia berada di peringkat 15 dunia.

Bagaimana menurut Anda, apakah program revolusi mental berhasil menaikkan IQ orang Indonesia?


Dukung penulis dengan klik “ikuti”, please like, share, and comment



Topic:
READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot