UC News

Ini Sosok Idham Azis Calon Tunggal Kapolri

Ini Sosok Idham Azis Calon Tunggal Kapolri
Sumber Foto Dok/IstKomjen Idham Azis

JAKARTA - Komjen Idham Azis dipastikan menjadi calon tunggal Kapolri. Ia akan menggantikan Tito Karnavian yang baru saja menjadi Mendagri.

Idham Azis tertera dalam Surat Presiden soal pengajuan Kapolri. Surat itu sendiri sudah diterima oleh DPR. Idham tinggal menunggu proses fit and proper test.

Kepala Bareskrim Mabes Polri itu bahkan diperkenalkan Mendagri Tito Karnavian di sela-sela sertijab di gedung Kemendagri, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (23/10/2019). Idham Azis menyatakan kesiapan menjadi calon Kapolri.

"Ya saya tentunya siap menjalankan amanah ini, bismillahi tawakkaltu, saya mohon doa restu karena pada mungkin minggu depan akan dilakukan fit and proper test, saya saat ini sedang menyiapkan diri, dan prinsipnya saya siapkan (diri)," kata Idham di kantor Kemendagri seperti dikutip detik.com.

Bagaimana sosok karir Idham Azis di kepolisian?

Idham diketahui memang dikenal memiliki banyak kiprah di Kepolisian. Lulusan Akpol tahun 1987 ini dikenal punya banyak pengalaman di bidang reserse. Karier Idham di Polda Metro tercatat pernah di bagian reserse hingga kepala wilayah. Di antaranya Kapolres Metro Jakarta Barat pada 2008 dan Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro pada 2009.

Sebagaimana yang ditulis oleh Tito Karnavian dalam bukunya yang berjudul "Indonesian Top Secret" pada tahun 2005, Idham Satgas ini sendiri dipimpin oleh Tito dan Idham menjadi Wakil Ketuanya.

Kiprahnya semakin moncer saat masuk Densus 88 Antiteror. Tim Densus berhasil dalam penangkapan kelompok teroris asal Malaysia, dr Azhari, di Batu Malang, Jawa Timur, pada 2005. Atas prestasinya itu, Idham bersama Tito Karnavian, Petrus Reinhard Golose, dan Rycko Amelza Dahniel mendapat penghargaan dari Jenderal (Purn) Sutanto, yang saat itu menjabat Kapolri.

Sejumlah posisi pernah diembannya di satuan Densus 88 Antiteror. Di antaranya Kepala Unit Pemeriksaan Sub-Detasemen Investigasi Densus pada 2005 dan Wakil Kepala Densus pada 2010, yang Kadensus-nya saat itu dijabat Tito Karnavian.

Lepas tugas dari menangani kelompok teroris, Idham ditugaskan menjadi Direktur Tindak Pidana Korupsi Bareskrim pada 2013. Setahun kemudian, dia dimutasi menjadi Kapolda Sulawesi Tengah, yang saat itu pentolan kelompok teroris Poso, seperti Santoso serta Basri.

Selain itu diketahui, Idham Azis baru akan pensiun 22 Januari 2021. Dia masih memiliki waktu 1,5 tahun masa tugas aktif sebagai perwira polisi. Kini, Idham akan menjadi satu-satunya calon untuk mengisi kursi Kapolri.

Topic: #kapolri
READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot