UC News

Ini yang Diajarkan Nabi Khidir Kepada Habib Sholeh Tanggul Jember

Dikenal dengan nama Habib Sholeh Tanggul. Nama lengkapnya adalah Habib Sholeh bin Muhsin Al-Hamid Tanggul Jember Jawa Timur. Beliau masyhur sebagai sosok yang karomahnya sangat besar, bahkan Raja Arab Saudi sampai pernah mengirimkan utusan kepada Habib Sholeh untuk keperluan menyembuhkan sakitnya anak sang raja.

Keberhana hidup Habib Sholeh, salah satunya, karena pendidikan yang diajarkan oleh Nabi Khidir AS. Kala itu, layaknya pemuda keturunan Arab lainnya, orang masih memanggilnya Yik, kependekan dari kata Sayyid, yang artinya Tuan, sebuah gelar untuk keturunan Rasulullah SAW.

Suatu ketika, Yik Sholeh sedang menuju stasiun kereta api Tanggul yang letaknya memang dekat dengan rumahnya. Tiba-tiba, datang seorang pengemis meminta uang. Yik Sholeh yang sebenarnya membawa sepuluh rupiah menjawab tidak ada, karena hanya itu yang dimiliki. Pengemis itupun pergi, tetapi kemudian datang dan minta uang lagi. Karena dijawab tidak ada, ia pergi lagi, tetapi lalu datang untuk ketiga kalinya.

Ketika didapati jawaban yang sama, orang itu berkata, “Yang sepuluh rupiah di saku kamu?”

Seketika Yik Sholeh merasakan ada yang aneh. Lalu ia menjabat tangan pengemis itu. Ketika berjabat tangan, jempol si pengemis terasa lembut seperti tak bertulang. Keadaan seperti itu, menurut beberapa kitab klasik, adalah ciri fisik Nabi Khidir AS.

Tangannyapun dipegang erat-erat oleh Yik Sholeh, sambil berkata, “Anda pasti Nabi Khidir, maka mohon doakan saya”.

Sang pengemispun berdo’a, lalu pergi sambil berpesan bahwa sebentar lagi akan datang seorang tamu.

Tak lama kemudian, turun dari kereta api seorang yang berpakaian serba hitam dan meminta Yik Sholeh untuk menunjukkan rumah Habib Sholeh. Karena di sekitar sana tidak ada yang namanya Habib Sholeh, maka dijawab, “Tidak ada”. Karena orang itu menekankan ada, Yik Sholeh menjawab, “Di daerah sini tidak ada yang nama Habib Sholeh, yang ada Sholeh…Ya saya sendiri ini.”

“Kalau begitu andalah yang saya cari,” jawab orang itu lalu pergi, membuat Yik Sholeh tercengang.

Itulah kisah pertemuan ruhani para kekasih Allah. Nabi Khidir mendidik kewalian Habib Sholeh dengan caranya yang khas. Itulah kurikulum kewalian yang tidak bisa dinalar dengan pikiran biasa.

Sejak peristiwa ini, nama Habib Sholeh makin masyhur di Nusantara. Rumahnya selalu ramai dikunjungi banyak tamu, mulai sekedar silaturrahmi, sampai minta berkah do’a. Tidak hanya dari Jember, tetapi juga luar Jawa bahkan luar Negeri, seperti Arab Saudi, Belanda, Afrika, Cina, Malaysia, Singapura dan lain-lain. Mantan wakil Presiden Adam Malik adalah satu dari sekian pejabat yang sering sowan ke rumah Habib Sholeh.

Salah satu bukti kemasyhuran karomah beliau:

“Jika Habib Sholeh ke Jakarta, penjemputnya sangat banyak, melebihi penjemputan Presiden. Itulah sekelumit kisah Habib Sholeh bin Muhsin Al-Hamid.”


Ini yang Diajarkan Nabi Khidir Kepada Habib Sholeh Tanggul Jember
Referensi pihak ketiga


Referensi pihak ketiga

(Bangkitmedia.com)

READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot