UC News

Inilah 4 Kejadian Menghebohkan Sepanjang MotoGP 2019

Inilah 4 Kejadian Menghebohkan Sepanjang MotoGP 2019
Referensi pihak ketiga

MotoGP musim 2019 telah usai, menghadirkan banyak cerita dan intrik, baik di lintasan maupun di paddock.Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez keluar sebagai juara dunia dengan 12 kemenangan, serta selalu naik podium kecuali sekali gagan finis di Amerika.Tapi selain itu, ada banyak momen-momen mendebarkan sepanjang 2019, apa saja?

1. Fairing ‘Sendok’ Ducati di MotoGP Qatar

Alat untuk mendinginkan ban belang pada motor Ducati dan kemenangan Andrea Dovizioso di MotoGP Qatar langsung diprotes oleh semua pabrikan kecuali Yamaha.

MotoGP langsung menjadi kontroversi segera setelah balapan pembukaan selesai di Losail, saat itu ada protes bersama dari Aprilia, KTM, Honda dan Suzuki diajukan terhadap perangkat swingarm baru Ducati yang melekat pada roda belakang GP19.

Protes didasarkan pada perangkat yang memberikan efek downforce ke roda belakang yang secara hikum tidak diizinkan dalam aturan teknis.

Perangkat tersebut digunakan di motor Dovi, yang memenangkan balapan di Qatar, Danilo Petrucci (finis keenam) dan Jack Miller (DNF) juga menggukana perangkat yang sama.

Dalam sidang dengar pendapat antara seri Qatar dan Argentina, kepala teknis Ducati Gigi Dall’Igna menjelaskan, yang membuatnya kesal, perangkat ‘sendok’ adalah bagian

Pendingin ban belakang, bukannya sayap aerodinamis seperti yang dilaporkan rival, memang ada efek downforce namun tak signifikan,Masalah kemudian beres dengan tak ada hukuman untuk Ducati, malah setelah itu pabrikan lain berlomba-lomba meniru alat anyar itu.

2. Jorge Lorenzo Pensiun, Alex Marquez Sebagai Pengganti

Mungkin kabar ini tidak mengejutkan bagi banyak orang, tapi keutusan Jorge Lorenzo untuk pensiun dari MotoGP pada akhir 2019 akan dikenang sebagai momen paling menonjol tahun ini.

Rumor telah tersebar luas tentang masa depan Lorenzo selama balapan sebelum final Valencia, dan pada akhirnya ia mengumumkan sendiri bahwa benar ia akan keluar dari MotoGP.

Setelah pensiun, desas-desus juga belum reda, karean publik bertanya siapa yang akan menjadi pengganti Lorenzo di Repsol Honda?Lalu negosiasi terbaru HRC mengumumkan bahwa Alex Marquez akan naik ke MotoGP bersama Repsol Honda, menggantikan Lorenzo untuk 2020.

3. Efek Panjang Perpisahan Johann Zarco-KTM

Bersamaan dengan Lorenzo, rumor soal Johann Zarco juga tak kalah menghebohkan.Rider Prancis itu memutuskan untuk keluar dari proyek KTM 2020, kemudian berkeliling mencari tim baru, bahkan nyaris turun ke Moto2.

Beruntung ia mendapat tempat di tim Satelit Ducati, Reale Avintia di detik-detik terakhir, membuat Karel Abraham terlempar keluar.Zarco juga sempat menggantikan Takaaki Nakagami di LCR Honda selama tiga seri terakhir, selama itu pula ia berharap untuk bisa masuk ke Repsol Honda.

Mendengar kabar Lorenzo pensiun, Zarco semakin yakin dengan peluang itu, namun sayangnya kursi kosong itu menjadi milik adik Marquez.

4. Andrea Iannone Ketahuan Pakai Doping

Salah satu cerita besar terakhir yang jatuh pada 2019 juga bisa terbukti menjadi salah satu yang terbesar di 2020.Andrea Iannone, pada saat publikasi, dilarang dari semua balapan setelah gagal tes anti-doping.

Seperti diberitakan Crash, larangan itu diumumkan pada pertengahan Desember berdasrkan tes yang dilakukan selama MotoGP Malaysia sekitar enam minggu sebelumnya.

Sementara Iannone bersiap membuktikan diri bahwa ia tidak bersalah. Investigasi, termasuk analisis sampel B-nya, akan berlangsung pada awal Januari yang akan menentukan masa depan karir balap Iannone. 

Dilansir dari, rungansport.com

READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot