UC News

Inilah Hewan yang Paling Ditakuti Raja Hutan, Semua Singa Sampai Kapok

Inilah Hewan yang Paling Ditakuti Raja Hutan, Semua Singa Sampai Kapok
Referensi pihak ketiga

Ketika kita membayangkan seekor landak, kita akan berpikir hewan berduri yang bergerak lambat dengan empat kaki (bukan landak Sonic). Tapi siapa sangka kalau hewan lambat ini memiliki keahlian yang sangat baik untuk melawan pemangsanya, termasuk salah satunya adalah para raja hutan, singa.

Menurut sebuah studi baru dalam Journal of Natural History Afrika Timur, singa lapar yang mengincar daging lezat landak sering berakhir dengan terluka atau bahkan dibunuh oleh makhluk berduri lambat itu, padahal berat seekor landak sendiri hanya 18 kilogram dibandingkan dengan seekor singa dewasa 180 kilogram. Tampaknya duri sepanjang kaki yang bisa dilepas membuat tombak pertahanan yang cukup berguna.

Referensi pihak ketiga

"Ini ibarat kisah David (Nabi Daud) dan (raksasa) Goliath di padang sabana Afrika. Raja sabana yang kuat mencoba memakan landak besar yang berair, tetapi dia terluka oleh duri," kata rekan penulis studi, Gastone Celesia, seorang profesor di Loyola University Chicago, di sebuah pernyataan. "Meskipun singa berada di puncak rantai makanan, mereka terluka jika mereka tidak berhati-hati saat melawan landak."

Untuk menyelidiki hubungan yang penuh gejolak antara singa dan landak, para peneliti mengumpulkan data tentang interaksi mereka, melihat laporan ilmiah, artikel pers, dan video dari antara tahun 1960 dan 2016. Penilaian sistematis pertempuran singa / landak tidak pernah dilakukan sebelumnya.

Referensi pihak ketiga

Selama periode ini, tim menemukan bukti sekitar 50 singa terluka atau terbunuh oleh landak, jumlah yang sangat tinggi. Para peneliti menemukan bahwa para singa cenderung mengalami penurunan jumlah mangsa sehingga hanya menyisakan beberapa landak yang justru dapat membunuh mereka sendiri. Sementara itu, singa yang terluka kebanyakan masih berusia muda, mungkin karena mereka belum memiliki pengalaman bertempur langsung dengan landak.

Mayoritas singa yang kalah melawan landak adalah jantan, parahnya singa jantan yang kalah dengan landak akan diasingkan dari kelompoknya sehingga ia harus hidup sendiri tanpa kelompok berburunya.

Referensi pihak ketiga

"Dalam konteks sosial, seekor singa dapat menghilangkan duri landak dengan bantuan seorang teman, tetapi ini tidak mungkin jika mereka sendirian," kata penulis utama Julian Kerbis Peterhans, seorang profesor di Roosevelt University.

Para peneliti juga berhasil menilai tingkat keparahan luka tusuk landak menggunakan CT scan. "Kami seperti detektif," kata Celesia. "CT scan membantu kita merekonstruksi apa yang terjadi jika singa tertusuk duri landak."

Mereka memindai dua tengkorak singa dari tahun 1965 - satu memiliki bulu duri yang tertancap di giginya, sementara yang lain tertusuk melalui hidung. Kedua singa menunjukkan tanda-tanda infeksi tulang yang akan membuatnya cukup sulit bagi mereka untuk berburu atau makan. Singa-singa telah menyerang manusia - pilihan terakhir yang umum ketika hewan berjuang untuk menangkap mangsa alami mereka.

"Cedera landak adalah antisipasi serangan terhadap manusia, ada dampak potensial pada manusia," jelas Kerbis Peterhans.

"Data kami menunjukkan bahwa pada saat singa memangsa landak, sudah ada masalah dengan pasokan makanan lokal," tambah rekan penulis Tom Gnoske, asisten manajer koleksi di Field Museum. "Catatan sejarah memberi tahu kita bahwa ketika kondisi lingkungan memburuk, khususnya di daerah-daerah di mana singa dan mangsanya sudah tinggal di tepi, mereka menemukan diri mereka dalam masalah serius dengan manusia di dekatnya atau ternak mereka."

Tampaknya predator paling dihormati di Afrika hanya memakan landak ketika mereka benar-benar kehabisan stok makanan. Landak mungkin tidak secerdas musang madu yang terkenal, tetapi duri-duri mereka tentu saja menakutkan.

Referensi :

Porcupines Often Rise Victorious From Skirmishes With Hungry Lions. (2019, May 8). Retrieved May 12, 2019, from www.iflscience.com/plants-and-animals/porcupines-often-rise-victorious-from-skirmishes-with-hungry-lions/

Topic: #singa #landak
READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot