UC News

Inilah Kasus Korupsi Paling Edan Di Indonesia! Nomor 4 Korupsi Terbesar Sepanjang Sejarah

Sudah berapa orang di Tanah Air ini yang terjerat kasus korupsi?

Mulai korupsi level ‘receh’, yakni puluhan juta hingga triliunan rupiah. Entah apa yang ada dipikiran pada koruptor di negeri ini sehingga nekat ‘mencuri’ uang sedemikian banyaknya.

Berikut kasus korupsi paling edan di Indonesia, seperti yang dilansir di moneysmart.id (15/05/19).

1. Setya Novanto, rugikan negara Rp 2,3 triliun

Inilah Kasus Korupsi Paling Edan Di Indonesia! Nomor 4 Korupsi Terbesar Sepanjang Sejarah
prokabar.com (Setya Novanto)

Negara diperkirakan rugi Rp 2,3 triliun karena korupsi e-KTP yang dilakukan Setya Novanto (Setnov). Menariknya, saat sudah ‘terendus’ melakukan korupsi, Setnov justru melancarkan sandiwara beberapa kali.

Hingga akhirnya, dia dipenjara juga. Namun, beberapa waktu lalu masyarakat kembali digegerkan dengan koruptor satu ini yang sedang asyik makan nasi padang di salah satu rumah makan.

2. Syafruddin, rugikan negara Rp 3,7 triliun

moneysmart.id (Syafruddin)

Negara diperkirakan rugi Rp 3,7 triliun karena korupsi BLBI yang dilakukan Syafruddin. Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) merupakan program bantuan dana yang diberikan negara kepada 48 bank yang terdampak krisis.

Ya, BLBI diberikan pada saat Orde Baru, yakni tahun 1997-1998. Dana yang keluarkan mencapai Rp 144 triliun. Namun sayangnya, sebagian dari dana tersebut justru diselewengkan.

3. Supian Hadi, rugikan negara Rp 5,8 triliun

kalamanthana.com (Supian Hadi)

Negara diperkirakan rugi Rp 5,8 triliun karena korupsi yang dilakukan Bupati Kotawaringin Timur, Supian Hadi. Bupati itu diduga menerima suap guna menerima perizinan tambang dari beberapa perusahaan, seperti PT Fajar Mentaya Abadi, PT Billy Indonesia dan PT Aries Iron Mining.

Akibatnya, negara rugi akibat kerusakan hutan, kerusakan lingkungan dan hasil produksi tambang bauksit hingga mencapai triliunan rupiah tersebut.

4. Soeharto, rugikan negara Rp 490 triliun

cnnindonesia (Soeharto)

Berdasarkan laporan Global Corruption Report, Soeharto diduga sebagai tokoh terkorup di dunia. Dia diduga memperkaya diri melalui kebijakan-kebijakannya.

Negara diperkirakan rugi mencapai Rp 490 triliun karena kasus tersebut. Ya, boleh jadi kasus korupsi ini menjadi yang terbesar sepanjang sejarah di Indonesia.

Demikian empat kasus korupsi paling edan di Indonesia, seperti yang dilansir di moneysmart.id (15/05/19). Bagaimana menurut Anda? Semoga artikel ini bisa memberi wawasan baru untuk Anda.

Topic:
READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot