UC News

Inilah Lima Wasiat Sunan Kalijaga yang Masih Relevan

Masyarakat Indonesia pasti telah mengenal istilah Walisongo. Ya, Walisongo adalah para wali yang menyebarkan Islam di tanah Nusantara. Dari beberapa wali yang datang ke Nusantara, khususnya masyarakat Jawa pasti mengenal yang namanya Sunan Kalijaga.

Sunan Kalijaga atau Raden Mas Syahid adalah salah satu pembawa ajaran Islam di tanah jawa yang sangat fenomenal. Beliau lahir dari keluarga bangsawan ternama di daerah Jawa Tengah. Pembaharuan terhadap ajaran Islam sendiri yang membuat dirinya sangat dikenal dan dikenang hingga saat ini.

Inilah Lima Wasiat Sunan Kalijaga yang Masih Relevan
thegorbalisla.com

Menyebarkan agama Islam tanpa meninggalkan identitas lokal masyarakat itulah yang membuat ajaran Islam dapat diterima oleh masyarakat Jawa pada waktu itu.

Dengan misi menyebarkan ajaran Islam tanpa menghilangkan identitas masyarakat, Sunan Kalijaga pernah memberikan wasiat kepada para pengikutnya yang sampai saat masih melekat di hati masyarakat Jawa dan Nusantara pada umumnya. Berikut wasiat atau nasihat Sunan Kalijaga.

1. Urip Iku Urup

Hidup itu hendaknya memberi manfaat bagi orang lain di sekitar kita. Semakin besar manfaat yang bisa kita berikan tentu akan lebih “Urip Iku Urup” alias hidup itu makin menyala.

2. Memayu Hayuning Bawana

Manusia hidup di dunia harus mengusahakan keselamatan, kebahagiaan dan kesejahteraan; serta memberantas sifat angkara murka, serakah dan tamak. Membuat dunia makin cantik.

3. Ojo Gumunan, Ojo Getunan, Ojo Kagetan, Ojo Aleman

Jangan mudah terheran-heran; Jangan mudah menyesal; Jangan mudah terkejut-kejut; Jangan mudah kolokan atau manja.

4. Ojo Adigang, Adigung, Adiguno

Jangan sok kuasa, sok besar, sok sakti . Di atas langit masih ada langit.

5. Ojo Katungkul Marang Kalungguhan, Kadonyan Lan Kemareman

Janganlah terobsesi atau terkungkung oleh keinginan untuk memperoleh kedudukan, kebendaan dan kepuasan duniawi.

Nah, itulah lima wasiat atau nasihat Sunan Kalijaga yang sampai saat ini masih relevan untuk kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Bagaimana menurut sahabat Ucers?

Topic: #agama
READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot