UC News

Inilah Mobil Tempur Ringan Buatan Pindad, Diandalkan Kopassus, Harganya Sekitar 3 Milyar

Kemampuan Indonesia dalam memproduksi peralatan perang makin diperhitungkan oleh dunia internasional. Lewat PT Pindad dan PT PAL, nama Indonesia mulai berkibar. Salah satu alutsista buatan Indonesia yang tak kalah kualitasnya dengan buatan negara lain, adalah mobil tempur ringan yang diberi nama Komodo.

Inilah Mobil Tempur Ringan Buatan Pindad, Diandalkan Kopassus, Harganya Sekitar 3 Milyar
Referensi pihak ketiga

Dikutip dari situs Pindad.com, mobil tempur ringan Komodo sudah mulai kembangkan PT Pindad sejak tahun 2010. Komodo adalah mobil tempur versi ringan. Desain dan konsepnya merujuk pada mobil perang ringan jenis Humvee buatan Amerika Serikat dan juga mengadopsi mobil ringan Sherpa racikan Prancis.

Referensi pihak ketiga

Kemudian pada tahun 2012, mobil tempur ringan Komodo ini selesai dibuat. Dan, Kopassus serta Brimob menjadi user pertama. Ketika itu, dibuat lima unit mobil perang versi ringan Komodo. Mengenai harga, mobil tempur ini harganya bersaing dengan mobil sekelasnya. Bahkan lebih kompetitif. Satu unit mobil perang Komodo dibandrol dengan harga di kisaran hRp 2 miliar hingga Rp 3 miliar.

Mengutip laman Pindad.com, Komodo dibuat dalam beberapa varian. Salah satunya adalah varian Battering Ram. Ini mobil tempur Komodo versi pendobrak. Versi Battering Ram ini cocok dipakai untuk pertempuran khusus dan operasi anti teror. Karena itu Kopassus, satuan elit di TNI AD memesannya.

Referensi pihak ketiga

Salah satu kemampuan dari varian Battering Ram mampu menjebol beton setebal 30cm. Kecanggihan lainnya, bisa diandalkan untuk operasi di malam hari karena sudah dilengkapi dengan sistem kamera night vision. Dilengkapi dengan peralatan elektronik dan komunikasi super canggih. Maka mobil Komodo ini menjadi kendaraan andal untuk mendukung operasi khusus, semisal anti teror.

Varian lainnya Komodo 4X4 adalah APC, Command, Recon, Ambulance. Dan tentunya Battering Ram. Tapi ada juga varian Cannon Towing dan Rocket Launcher.

Referensi :

pindad.com/detikfinance-kendaraan-tempur


Topic: #ram
READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot