UC News

Inilah Nasihat Ali bin Abu Thalib Kepada Anaknya! Setiap Orangtua Wajib Tahu

Inilah Nasihat Ali bin Abu Thalib Kepada Anaknya! Setiap Orangtua Wajib Tahu
islampos.com

Selain memenuhi kebutuhan dasar seperti makan dan minum, peran orangtua yang tidak kalah penting adalah mendidik anak sehingga bisa berperilaku baik. Dilansir dari islami.co (30/07/19), berikut ini beberapa nasihat Ali bin Abi Thalib kepada anaknya Hasan supaya hidupnya bisa jauh dari malapetaka.

1. Kekayaan manusia sesungguhnya adalah akal

tribunnews.com

Tidak seperti yang disangka orang selama ini, ternyata harta yang paling hakiki bagi manusia bukan emas atau uang, tapi akal. Tanpa akal, menurut Ali bin Abi Thalib, manusia tidak bedanya dengan binatang.

Dengan akal yang sudah diberikan Allah, manusia bisa menggunakannya untuk kebahagiaan di dunia dan akhirat.

2. Kebodohan adalah kemiskinan yang sesungguhnya

Menurut Ali bin Abi Thalib, hal yang paling berbahaya dalam hidup manusia adalah kebodohan. Karena orang bodoh tidak akan bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk.

3. Sifat paling buruk pada manusia adalah sombong

rumahwakaf.org

Sombong akan membuat orang merasa ia paling benar sehingga sulit untuk menerima masukan atau nasihat dari orang lain. Mungkin kamu pernah melihat banyak orang hebat yang akhirnya jatuh karena kesombongan. Kesombongan membuat seseorang tidak merasa perlu untuk selalu memperbaiki dan meningkatkan kualitas diri.

4. Keturunan yang paling mulia adalah yang memiliki akhlak yang baik

islamindonesia.id

Menurut Ali bin Abi Thalib, nilai harga diri seseorang terletak pada akhlak dan sikapnya yang santun. Karena itulah sebaiknya sejak dini para orangtua menanamkan pentingnya akhlak mulia dalam pola asuh anak.

Semoga beberapa nasihat dari Ali bin Abi Thalib bisa jadi masukan bagi orangtua dalam mendidik anak sehingga mampu mencetak generasi yang tidak hanya tinggi dalam akal tapi juga santun dalam perilaku.

Topic:
READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot