UC News

Inilah Satu-Satunya Konflik SARA Paling Mematikan Yang Pernah Terjadi Di Indonesia!

Inilah Satu-Satunya Konflik SARA Paling Mematikan Yang Pernah Terjadi Di Indonesia!
satujam.com (kerusuhan Sampit)

Umumnya, konflik terjadi karena perbedaan pandangan. Perbedaan pandangan ini bisa terjadi dalam lingkup Suku, Agama, Ras dan Antar golongan. Kita mengenalnya dengan sebutan ‘SARA’.

Kerusuhan yang pernah terjadi di Sampit, Kalimantan ini boleh dikatakan sebagai satu-satunya konflik SARA paling mematikan yang pernah terjadi di Indonesia. Kita mengenalnya dengan sebutan ‘Perang Sampit’.

Pemicu kerusuhan ini diduga akibat adanya warga Dayak yang dibantai oleh warga Madura yang tengah merantau di Sampit.

Ada juga yang mengatakan, kedua suku yang berbeda ini saling membakar rumah sehingga warga Dayak yang menguasai daerah Sampit murka dan meluapkan amarahnya.

boombastis.com (gelombang pengungsi Madura)

Akibatnya, sekitar 500 orang meninggal dunia. 100 di antaranya mengalami pemenggalan kepala yang dilakukan oleh suku Dayak, seperti yang dilansir di boombastis.com (12/07/19).

Pihak kepolisian pun berusaha menghentikan ‘peperangan’ mengerikan itu. Mereka menangkap sejumlah orang yang diduga menjadi dalang aksi.

Akan tetapi, usai ditangkap, warga Dayak justru mengepung kantor polisi dan meminta para tahanan dilepaskan kembali. Polisi tak bisa berbuat apa-apa, mereka pada akhirnya melepaskan para tahanan.

boombastis.com (aksi polisi di kerusuhan Sampit)

Diketahui, perang Sampit terjadi pada 2001 silam. Konflik ini berakhir setelah setahun berlangsung, seperti yang dilansir di boombastis.com (12/07/19).

Bagaimana menurut Anda? Semoga artikel ini bisa memberi wawasan baru untuk Anda.

Topic:
READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot