UC News

Inilah Satu-Satunya Raja Yang Pernah Bunuh 6.000 Kiai & Keluarganya! Alasannya Mengejutkan

Inilah Satu-Satunya Raja Yang Pernah Bunuh 6.000 Kiai & Keluarganya! Alasannya Mengejutkan
tirto.id (ilustrasi Amangkurat I)

Amangkurat I merupakan raja yang menjadikan Kerajaan Mataram mengalami kemunduran. Dia layak disebut pemimpin diktator dan otoriter. Bahkan pernah membunuh 6.000 kiai beserta keluarganya di sebuah alun-alun.

Mulanya, Amangkurat I menjadi raja Mataram menggantikan ayahnya, Sultan Agung. Amangkurat I kerap melakukan aksi suka-suka tanpa alasan yang jelas.

Salah satunya adalah memindah ibukota Mataram ke Plered dan membangun istana di sana, seperti yang dilansir di boombastis.com (09/06/19).

boombastis.com (ilustrasi Amangkurat I)

Hal ini mengundang reaksi para tokoh senior yang ada di Kerajaan Mataram. Mereka memberontak dan memprotes Amangkurat I karena dianggap salah dalam menentukan keputusan.

Amangkurat I justru melakukan perlawanan. Para tokoh senior itu ditumpas habis oleh si raja diktator.

Sang adik, Raden Mas Alit tak terima melihat para tokoh senior tewas di tangan Amangkurat I. Dia pun kemudian memberontak sejadi-jadinya.

Sayangnya, Raden Mas Alit juga tewas di tangan Amangkurat I.

netralnews.com (makam Amangkurat I)

Lebih jauh, Amangkurat I benar-benar sakit hati terhadap sang adik yang ‘lancang’ melakukan pemberontakan. Amangkurat I kemudian tahu kalau langkah pemberontakan sang adik di dukung oleh 6.000 kiai.

Raja diktator itu kemudian membawa 6.000 kiai beserta keluarganya ke alun-alun Plered. Tanpa rasa kasihan, satu per satu para kiai dan keluarganya itu dibunuh. Sekitar enam jam proses itu dilakukan, seperti yang dilansir di boombastis.com (09/06/19).

Benar-benar kejam. Bagaimana menurut Anda? Semoga artikel ini bisa memberi wawasan baru untuk Anda.

Topic:
READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot