UC News

Jangan Dibuang! 5 Fakta Daun Kemangi yang Wajib Kamu Ketahui, No 3 Dapat Menurunkan Stres

Jangan Dibuang! 5 Fakta Daun Kemangi yang Wajib Kamu Ketahui, No 3 Dapat Menurunkan Stres
susteralam.blogspot.com

Halo sobat uc... Pasti kenal dong apa itu kemangi? Kemangi atau Ocimum sanctum L adalah tumbuhan jenis semak yang banyak ditemukan di daerah tropis, khususnya Indonesia. Daun kemangi biasa digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk lalapan bersama pecel atau penyetan. Daun ini dikenal luas oleh masyarakat karena baunya yang khas dan rasanya yang agak pahit. Walaupun penggunaan nya yang cukup terbatas, daun kemangi memiliki manfaat yang besar. Banyak penelitian yang dilakukan untuk mengidentifikasi manfaat daun kemangi dalam tubuh manusia. Penelitian juga dilakukan untuk mendapatkan produk inovatif, agar manfaat kemangi dapat digunakan lebih luas. Berikut adalah beberapa manfaat daun kemangi yang perlu sobat uc ketahui.

1. Menghilangkan Bau Mulut

 

id.kisspng.com

Daun kemangi mengandung senyawa flavonoid yang bersifat anti mikroba yang dapat mencegah pertumbuhan mikroba, seperti bakteri. Berdasarkan penelitian Winda Nirmala, dkk Mahasiswa Kimia, Universitas Negeri Yogyakarta yang membuat inovasi permen herbal dari bahan utama ekstrak daun kemangi konsentrasi 75% dapat mengatasi bau mulut yang disebabkan oleh bakteri Streptococcus viridans dengan sangat efektif.

2. Dapat Mengobati Asma

Referensi pihak ketiga

Hasil inovasi 2 siswi SMA di Cilacap menemukan tisu ekstrak kemangi yang dapat mengobati asma bagi penderita asma yang sewaktu-waktu dapat kambuh. Penggunaan tisu ekstrak kemangi tersebut sangat mudah, cukup langsung di dekatkan ke hidung. Berdasarkan penelitian yang mendasari inovasi ini, di dalam daun kemangi terdapat senyawa ayuvredik ekspektoran yang dapat meredakan masalah pernapasan.

3. Dapat Menurunkan Tingkat Stres

unair.news.ac.id


Senyawa Flavonoid yang terdapat dalam ekstrak daun kemangi, selain memiliki sifat antimikroba, flavonoid juga mempunyai sifat/aktivitas adaptogenik. Senyawa yang bersifat adaptogenik adalah senyawa yang memiliki efek merangsang sistem pertahanan diri pada tubuh manusia agar dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya dan menahan diri dari stres (tekanan) baik dari luar maupun dari dalam tubuh. Keunggulan kemangi tersebut, menjadi inspirasi bagi Irmayanti Tri Kurnia, dkk, Mahasiswa Kimia, Universitas Airlangga untuk membuat body spray dari daun kemangi yang dapat mengurangi tingkat stres karena pengaruh lingkungan di luar tubuh.

4. Sebagai Hand Sanitizier Alami

minyakatsiri5.blogspot.com

Selama ini hand sanitizer biasa terbuat dari bahan kimia etanol 62%, pelembut, dan pelembab. Namun, hand sanitizer tersebut memiliki banyak kelemahan seperti mudah terbakar dan dapat mengganggu pernapasan. Karena sifat antimikroba yang dimilikinya, ekstrak daun kemangi menjadi bahan utama untuk hand sanitizer yang alami yang lebih aman dalam meminimalisir dan membunuh mikroba patogen. Banyak penelitian yang telah dilakukan untuk inovasi hand sanitizer ini. Hasilnya adalah daya anti bakteri hand sanitizer ekstrak kemangi tidak kalah dengan hand sanitizer etanol 62% atau bahkan lebih baik.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

beautyskinindonesia.com

Jantung adalah organ yang paling penting karena perannya dalam memompa

darah ke seluruh tubuh. Kebiasaan hidup dan pola makan yang buruk zaman

sekarang menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah yang berarti mempengaruhi kerja jantung, misalnya kolesterol. Sebagaimana dilansir oleh drjantung.com, senyawa Magnesium pada kemangi dapat menurunkan kolesterol dan melancarkan peredaran darah sehingga dapat menjaga kerja jantung.

Selain 5 fakta di atas, masih banyak manfaat dari daun kemangi yang dapat dieksplorasi dan dimanfaatkan lebih jauh untuk kebutuhan manusia. Dengan mengetahui manfaat kemangi juga, kita bisa berinovasi membuat produk yang relevan dan bisa digunakan dengan lebih mudah oleh masyarakat.

Referensi :

https://www.inews.id/daerah/jateng/29638/2-siswi-sma-di-cilacap-temukan-tisu-ekstrak-kemangi-obati-asma

http://news.unair.ac.id/2018/07/02/inovasi-mahasiswa-unair-body-fragrance-spray-anti-stress-dari-daun-kemangi/

https://www.republika.co.id/berita/nasional/jawa-tengah-diy-nasional/12/06/10/m5djn7-wow-mahasiswa-uny-sulap-kemangi-jadi-permen-herbal

https://www.viva.co.id/arsip/571663-uny-ubah-kemangi-jadi-face-spray-hand-sanitizer

https://drjantung.com/manfaat-daun-kemangi-untuk-jantung


Topic: #stres
READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot