UC News

Jangan Sampai Terlontar Kalimat Ini pada Anak! No 2 Sering Diucapkan Orangtua

Jangan Sampai Terlontar Kalimat Ini pada Anak! No 2 Sering Diucapkan Orangtua
drchristina.com

Mengasuh dan mendidik anak memang tidaklah mudah. Butuh energi besar. Terkadang dengan beratnya pekerjaan dan stres sedang datang, orangtua bisa keceplosan mengatakan hal-hal yang seharusnya tidak dikatakan.

Dilansir dari dokteranak.org (06/01/17), ada beberapa kalimat yang pantang sekali terlontar dari mulut orangtua karena bisa berdampak buruk buat anak.

1. Kok kamu bisa kalah sih

americanspcc.org

Ada orangtua yang begitu terobsesi agar anaknya pintar dan juara kelas. Sampai-sampai ketika anak memberikan hasil yang tidak diharapkan, keluar lah kalimat diatas.

Padahal perkataan seperti itu bisa menghancurkan rasa percaya diri anak dan anak akan merasa diremehkan. Daripada berkata negatif, jauh lebih baik mendorong semangatnya. Bisa kan berkata baik seperti ‘wah nak hasil kamu udah bagus nih. Tapi ayah percaya, kamu bisa jauh lebih baik lagi’.

Anak pun jadi semangat.

2. Sana pergi, bunda lagi sibuk

lawyertime.com

Perkataan seperti diatas bisa membuat anak merasa tidak penting dan tidak dibutuhkan. Ia akan merasa buat apa berinteraksi dengan orangtua. Hal ini akan merusak hubungan orangtua-anak.

Mungkin kamu pernah melihat ada anak yang tidak dekat dengan orangtuanya. Bisa jadi karena dulu ketika ia masih kecil dan masih ‘butuh’ orangtua tapi malah mendapat perlakuan seperti diatas. Disuruh pergi karena kesibukan orangtua.

Coba luangkan waktu sejenak. Misalnya 10 menit saja untuk menemaninya. Ia akan merasa dihargai dan disayang. Maka ia pun akan tumbuh jadi anak yang menyayangi orangtuanya.

3. Itu saja tidak bisa (bodoh)

mirror.co.uk

Kadang saking gemesnya saat mengajari anak, keluar perkataan seperti diatas. Perkataan ini akan terekam dalam otak bahwa sadar anak dan membuat mereka yakin bahwa mereka memang anak yang bodoh dan tidak bisa melakukan hal apapun.

Ia pun akan tumbuh jadi anak yang tidak percaya diri. Sedih gak sih.

Topic: #stres
READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot