UC News

Jangan Sepelekan 20 Menit Tidur Siang, Ini Manfaatnya!

Jangan Sepelekan 20 Menit Tidur Siang, Ini Manfaatnya!
20 menit tidur siang memberikan banyak manfaat untuk diri Anda. (Foto: adultswithautism.org.uk)

Saat ini, tidur siang merupakan suatu kemewahan yang sulit didapatkan oleh banyak orang. Hiruk pikuk kesibukan di pagi hari sedikitnya membuat tubuh kita sedikit lelah, belum lagi kesibukan yang padat, ini membuat tubuh dan pikiran kita seharusnya mendapatkan istirahat yang cukup.

Tak perlu lama-lama, tidur siang selama 20 menit saja sebenarnya sudah cukup untuk mengisi ulang energi yang hilang dan membuat Anda tetap segar sampai waktunya tidur malam tiba. Dan yang lebih menguntungkannya lagi, tidur siang selama 20 menit saja juga dapat memberikan Anda banyak manfaat kesehatan.

Jika Anda masih belum percaya, berikut kami berikan pembahasan mengenai manfaat tidur siang 20 menit untuk Anda:

Meningkatkan memori

Sebuah studi menunjukkan bahwa seseorang yang bisa tidur siang dengan nyenyak selama 20 hingga 30 menit, dapat menunjukkan peningkatan yang signifikan terhadap kewaspadaan dan keterampilan kognitif mereka. Tidur siang ini bahkan lebih mendorong kinerja mereka selama bekerja, juga menghindari dari masalah kepala pusing yang mengganggu.

Saat seseorang tidak pernah melakukan tidur siang, tubuhnya akan menjadi lebih mudah lelah dan ia akan menjadi mudah lupa. Tidur siang yang cukup dapat membantu seseorang mempertajam memorinya.

Menurunkan tekanan darah

Kabar baik lainnya ialah, tidur siang yang nyenyak dapat secara efektif menurunkan tekanan darah dan dapat menjadi salah satu pengobatan utama untuk mengurangi hipertensi. Tidur siang yang cukup juga dapat mengatasi kerusakan yang disebabkan oleh tekanan darah tinggi di arteri dan vena.

Mengurangi stres

Tidur siang dapat memberikan efek penenang pada saraf Anda. Orang-orang yang rutin menjalani tidur siang memiliki tingkat sekresi hormon norepinefrin yang baik. Peningkatan kadar hormon ini dapat menyebabkan peningkatan stres, tekanan darah dan juga detak jantung seseorang. Bagi mereka yang jarang tidur siang, maka tingkat sekresi hormon ini akan lebih mudah naik dan lama kelamaan akan memicu stres datang.

Meningkatkan kewaspadaan

Kewaspadaan merupakan faktor terpenting untuk tetap fokus melakukan segala pekerjaan. Tidur siang paling tidak 20 menit tidak hanya dapat meningkatkan kewaspadaan Anda, namun juga memberikan dorongan energi untuk melakukan berbagai pekerjaan Anda.


Article By Claudia Ramadhani
READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot