UC News

Jarang Disadari 5 Hal Yang Sering Dialami Wanita Ini Merupakan Ciri Kanker Serviks

Jarang Disadari 5 Hal Yang Sering Dialami Wanita Ini Merupakan Ciri Kanker Serviks
Ilustrasi gambar dari jawapos.com

Selain kanker payudara yang sering menyerang wanita kanker serviks juga harus kamu waspadai agar kamu terhindar dari kanker ini tentunya kamu harus mengetahui seluk beluk kanker ini lebih awal agar kamu lebih waspada.

Kanker ini menyerang leher rahim pada organ reproduksi wanita, yang bisa terjadi karena human papiloma virus atau HPV. dan kanker ini bisanya disadari sudah masuk stadium lanjut, untuk itu kamu harus lebih waspada.

Seperti di kutip dari halaman alodokter.com ( 18/4/2019 ), selain melakukan pemeriksaan rutin kamu perlu mencermati berbagai ciri ciri kanker serviks agar bisa dikenali sejak dini dan ciri tersebut diantaranya :

Kehilangan nafsu makan 

Wanita yang sudah terkena kanker ini akan mengalami penurunan atau bisa kehilangan nafsu makan, karena penyebaran sel kanker yang membuat tubuh sulit menerima asupan makanan. akibatnya penurunan berat badan yang tidak diketahui penyebabnya bisa kamu curigai.

Mudah lelah 

Jika kamu mudah lelah harus waspada takutnya kanker serviks menyerang tubuh kamu, kondisi ini terjadi akibat pendarahan yang tidak normal pada vagina, sehingga lama kelamaan tubuh mengalami kekurangan sel darah merah yang bisa mengakibatkan tubuh mudah lelah dan rasa lelah ini bisa terjadi setiap saat dan tidak hilang meskipun sudah beristirahat.

Sembelit 

Dan jika kanker sudah menyebar ke usus besar biasanya bisa menyebabkan konstipasi atau sembelit, dan kondisi ini bisa terjadi ketika kanker serviks sudah masuk ke stadium lanjut. dan jika sudah melihat urine bercampur darah kamu sebaiknya cepat konsultasi ke dokter.

Sering buang air kecil 

Jika kamu sering buang air kecil dan merasakan rasa sakit apalagi tidak bis menahan saat mau buang air kecil karena hal ini bisa saja merupakan ciri kanker serviks. hal ini bisa terjadi karena sel kanker sudah tumbuh mengelilingi leher rahim, dan menyebar sampai ke kandung kemih. 

Keputihan tidak normal 

Keputihan tidak normal bisa jadi ciri kanker serviks, lendir pada keputihan akan mengalami perubahan warna, memiliki aroma yang tidak sedap atau bau, serta terjadi perubahan tekstur dan konsentrasi cairan vagina. untuk itu jika kamu mengalami hal ini sebaiknya periksa diri ke dokter.

Terimakasih telah berkunjung dan membaca, jika artikel ini bermanfaat buat kamu silahkan share agar lebih banyak orang mengetahuinya, untuk mensupport kami dalam membuat konten lainnya klik tombol " Ikuti " agar kami bisa terus menulis di sini dan kamu akan mendapatkan artikel terbaru setiap harinya secara " Gratis ".

Sumber referensi : alodokter.com/ini-ciri-ciri-kanker-serviks-yang-perlu-anda-waspadai

READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot