UC News

Jumlah Persebaran Motor Di Wilayah ASEAN, Lihat Indonesia Nomor Berapa?

Kendaraan bermotor memang sangat digemari di wilayah Asia, buktinya persebaran motor di wilayah ini tercatat paling banyak menyumbang angka dibanding di wilayah-wilayah lainnya.

Coba kita ambil skala yang lebih kecil, seperti persebaran motor di wilayah ASEAN atau Asia Tenggara. Di Indonesia saja, penjualan seluruh motor selama satu tahun bisa mencapai 5 jutaan unit lebih.

Jumlah Persebaran Motor Di Wilayah ASEAN, Lihat Indonesia Nomor Berapa?
Sumber : liputan6.com

Menurut data yang dilansir oleh Motorcycles Data, pasar ASEAN telah menyumbang sebanyak 22,4% penjualan motor secara global. Mungkin terdengar kecil, namun angka tersebut bakal lebih besar jika disebutkan jumlah total kendaraan yang sudah tersebar yakni mencapai 13,75 juta unit hanya untuk wilayah Asia Tenggara pada tahun 2019 kemarin.

Ternyata angka ini naik sebanyak 5,3% dari tahun sebelumnya, artinya kebutuhan masyarakat dalam menggunakan kendaraan roda dua semakin banyak…apalagi belakangan pabrikan motor sedang gencarnya mengeluarkan model terbaru di beberapa produksi lineup-nya.

Dengan angka sebanyak itu, kira-kira Indonesia berada diurutan nomor berapa ya?

Sumber : autos.id

Jadi data penjualan motor di Indonesia selama tahun 2019 kemarin mencapai 6.487.460 unit, angka ini naik 1,6% dari jumlah persebaran motor di tahun 2018. Dengan prestasi tersebut, sehingga mengharuskan Negara Indonesia menduduki peringkat pertama dari Negara-negara ASEAN lainnya.

Urutan kedua diduduki oleh negara Vietnam dengan perolehan angka hampir setengah dari penjualan motor setahun di Indonesia yakni 3.271.000 unit.

Lalu posisi ketiga yang juga merupakan pelaku kegiatan otomotif terbesar yaitu Negara Thailand. Menariknya di Negara ini total jumlah penjualan motor hanya mencapai 1.718.587 unit saja. Dan dibawahnya ada Filipina dengan selisih total yang sangat tipis yakni 1.704.900 unit.

Ternyata persebaran motor di Malaysia gak begitu banyak, selama satu tahun kemarin mereka hanya berhasil menyumbang total penjualan motor 546.813 unit.

Sumber : kredityamaha.com

Terakhir mungkin kalian sudah banyak yang menduga Negara mana yang paling sedikit menyumbang angka persebaran motor, siapa lagi kalau bukan Singapura. Di Negara ini memang memiliki aturan yang sangat ketat dalam mengatasi penjualan kendaraan roda dua, pemerintah menaikan harga berkali-kali lipat untuk mencegah masyarakatnya tidak berlaku konsumtif dalam membeli motor.

Wajar aja wilayah yang sangat kecil, dikhawatirkan akan padat jika dipenuhi kendaraan dimana-mana…sehingga Singapura hanya menyumbang angka sebanyak 19.356 unit.

  • Indonesia : 6.487.460 unit
  • Vietnam : 3.271.000 unit
  • Thailand : 1.718.587 unit
  • Filipina : 1.704.900 unit
  • Malaysia : 546.813 unit
  • Singapura : 19.356 unit

Referensi : aripistop.com(15/2/2020).

READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot