UC News

Kabar Baik Akhirnya Datang, Presiden Jokowi Punya Solusi Lawan Corona di Indonesia

Kurang 2 Minggu virus Corona menghampiri sudah bikin heboh Indonesia. Data terbaru menyebut telah 309 orang dinyatakan postif Corona dan 25 orang lainnya meninggal dunia. Catatan ini menempatkan Indonesia ada di urutan 5 kasus kematian terbanyak untuk kawasan Asia dan nomor 1 di kawasan Asia Tenggara.

Kabar Baik Akhirnya Datang, Presiden Jokowi Punya Solusi Lawan Corona di Indonesia
https://www.worldometers.info/coronavirus/

Namun ditengah angin gelap, kabar gembira datang. Pemerintah yang lama dianggap gagap dan lamban menangani Corona, kini mulai berbenah dan punya solusi jitu. Jika sebelumnya lockdown tak bakal dilakukan karena alasan ekonomi, pemerintah memilih jalan lain.

Adapun solusi tersebut adalah melakukan pengujian tes massal kepada sebanyak-banyaknya rakyat Indonesia alias bukan hanya pejabat istana saja. Ada pun alatnya sudah dipesan dari China sebanyak 500.000 alat tes.

https://twitter.com/jokoanwar

"Saya minta alat-alat rapid tes terus diperbanyak, juga memperbanyak tempat-tempat untuk melakukan tes dan melibatkan rumah sakit, baik pemerintah, milik BUMN, Pemda, rumah sakit milik TNI dan POLRI, dan swasta, dan lembaga-lembaga riset dan pendidikan tinggi yang mendapatkan rekomendasi dari Kementerian Kesehatan," tegas Presiden Jokowi memaparkan solusi, seperti dilansir tirto.id (19/02/2020).

https://www.tribunnews.com/nasional/2020/02/17/jadi-tenaga-ahli-utama-ksp-ali-ngabalin-mengaku-belum-pernah-dapat-omelan-dari-presiden-jokowi

Nah, usai dites masyarakat nantinya bakal dipisahkan sesuai kategori. Yang sehat bisa langsung pulang. Jika dites sakit perlu dirawat maka rumah sakit disediakan. Kalau penuh sejumlah lokasi telah dipersiapkan seperti wisma atlet hingga hotel milik BUMN.

"Dan jika diperlukan juga bisa memanfaatkan Wisma Atlet di Kemayoran. Ini kapasitasnya cukup besar, kalau enggak keliru 15.000 dan hotel BUMN yang juga bisa dipakai. Termasuk percepatan pembangunan rumah sakit di Pulau Galang di Kepulauan Riau," papar Presiden.

https://www.scmp.com/week-asia/health-environment/article/3065187/coronavirus-south-koreas-aggressive-testing-gives

Apa yang disampaikan Jokowi tampak mengakhiri simpang siur rasa was-was masyarakat atas sikap lambat pemerintah. Cara ini sebdiri telah dipraktekan di Korea Selatan dengan menyediakan Drive thru test, dan dipercaya sukses menekan angka penyebaran virus.




Sumber Referensi:
tirto.id/jokowi-minta-tes-massal-segera-dilakukan-untuk-cegah-covid-19-eGcG
www.kompas.com/sports/read/2020/03/18/11000008/korea-selatan-bangkit-dari-pandemi-corona-liga-basket-siap-bergulir-lagi?page=all
READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot