UC News

Kawayu Onsen, Pemandian Air Panas Alami di Tengah Sungai

Kawayu Onsen adalah sebuah pemandian yang berada di kota Tanabe, Prefektur Wakayama. Dan sesuai dengan namanya yaitu ‘kawa’ yang berarti sungai dan ‘yu’ yang berarti pemandian, Kawayu ini memang berada di sungai Oto yang merupakan anak sungai dari sungai Kumano.

Kawayu Onsen, Pemandian Air Panas Alami di Tengah Sungai
(gambar: Yusuke Kawasaki // CC BY 2.0)

Keunikan pemandian ini adalah kemunculan gelembung air panas yang muncul dari dasar sungai yang membuat para pengunjung dapat berendam sambil menikmati pemandangan alami pegunungan yang dapat terlihat dari sungai ini.

(gambar: Nekosuki // CC BY-SA 4.0)

Di sekitar sungai ini juga terdapat banyak hotel dan penginapan tradisional atau ryokan dengan tempat pemandian yang beragam. Meskipun bisa didatangi sepanjang tahunnya, namun yang menjadi daya tarik utamanya adalah pemandian open-air besar bernama ‘sennin buro’ yang berada di tengah sungai Oto dan dibuka pada setiap musim dingin.

(gambar: Nekosuki // CC BY-SA 4.0)

Sennin buro ini dibuka oleh Kumano Hongu Tourist Association dan Komite Eksekutif sejak tahun 1985. Sennin bisa diartikan ‘seribu orang’ dan ‘buro’ yang berarti ‘pemandian’ yang menyiratkan besarnya pemandian ini yang bisa menampung hingga seribu orang. Sennin bisa juga diartikan sebagai ‘sage’ atau ‘orang sakti’ yang tinggal di pegunungan.

Sennin buro ini memiliki panjang 28 meter dan lebar 12 meter dengan kedalaman hingga 60 sentimeter, dan dibuat dengan menggali sungai Oto untuk menyimpan air panas yang keluar dari dalam tanah. Dinginnya air sungai juga mengatur temperatur air yang digunakan untuk berendam ini.

Dari Mainichi, sennin buro tahun ini telah melakukan pembukaannya sejak tanggal 1 Desember 2019 yang dihadiri oleh sekitar 30 anak dari day care center lokal dan para turis. Makoto Obuchi, kepala dari komite eksekutif untuk fasilitas ini juga mengatakan “Tahun lalu kami tidak bisa membuka pemandian dalam waktu lama karena topan. Tahun ini kami bisa mempersiapkan pemandian yang menarik dan berharap banyak orang dapat menikmatinya.

Kawayu Onsen ini dibuka setiap hari dari jam 06.00 hingga 22.00 tanpa dikenakan biaya hingga akhir bulan Februari mendatang. Dan para pengunjung yang ingin berendam harus menggunakan baju renang atau menutupi tubuhnya dengan handuk. Untuk yang ingin berendam diluar bulan tersebut, pengunjung dapat menggali sendiri tempat berendamnya menggunakan sekop yang tersedia atau menggunakan tempat yang sudah ada.

Kawayu Onsen
Alamat: Hongu-cho, Tanabe-shi, Wakayama-ken

Featured Image: Nekosuki // CC BY-SA 4.0)

The post Kawayu Onsen, Pemandian Air Panas Alami di Tengah Sungai appeared first on Japanese Station.

Topic: #sekop #handuk
READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot