UC News

Ketulusan Dalam Menolong Orang Lain Mampu Menuai Balasan Kebaikan Yang Berlipat

Pada suatu malam ketika di kota Philadelphia terjadi hujan badai, ada sepasang suami istri berusia senja yang datang ke sebuah hotel. Mereka ingin memesan sebuah kamar untuk mereka menginap namun ternyata tak satupun tersisa kamar tamu yang kosong.

Ketulusan Dalam Menolong Orang Lain Mampu Menuai Balasan Kebaikan Yang Berlipat
Referensi pihak ketiga

Pelayan hotel yang ramah itu kemudian menjelaskan bahwa saat itu di kota mereka sedang ada tiga acara konvensi sehingga semua kamar hotel tersebut sudah dipenuhi tamu yang datang. Sejenak terlihat kekecewaan di raut wajah sepasang suami istri itu karena mereka pikir harus mencari hotel lain lagi untuk mereka menginap padahal hari sudah lewat tengah malam dan cuaca di luar sangat buruk sekali.

Pelayanan hotel itupun dapat memahami kekhawatiran pasangan tua itu dan sungguh ia juga merasa tidak tega membiarkan mereka harus mencari penginapan lagi sehingga dengan senyum ramahnya ia menawarkan sebuah ruangan lain miliknya untuk suami istri tersebut menginap malam itu. Semula pasangan suami istri itu agak ragu-ragu namun pelayan muda itu berujar :

Referensi pihak ketiga

"Jangan mengkhawatirkan saya, Tuan. Saya akan baik-baik saja. Pakai saja ruangan ini untuk Anda menginap malam ini".

Sepasang suami istri pun setuju dan mereka merasa sangat bersyukur karena tidak perlu lagi mencari tempat menginap di tengah malam hujan badai tersebut.

Ketika esoknya tamu tersebut hendak keluar dari hotel dan bertemu lagi dengan pelayan hotel, laki-laki tua itu pun mengatakan sesuatu :

"Anda seorang yang baik sekali yang seharusnya bisa menjadi manajer hotel terbaik di Amerika. Mungkin suatu hari saya akan membangun hotel untuk Anda”.

Sang pelayan hotel hanya tersenyum menanggapi ucapan laki-laki itu. Mungkin ia menganggap kata-kata tersebut hanya sebagai pujian dan ungkapan rasa terima kasih laki-laki tua itu kepada dirinya sehingga ia pun tidak terlalu memikirkan maksud ucapan tersebut.

Namun bagi pasangan suami istri itu kebaikan pemuda pelayan hotel tersebut begitu berkesan di hati karena mereka sangat terbantu dan tidak mudah menemukan orang yang mau memberikan pertolongan dengan tulus pada orang yang tidak dikenal sebelumnya.

Dua tahun pun berlalu sejak kejadian itu. Sang pemuda pelayan hotel itu juga sudah tidak terlalu mengingat ucapan pasangan suami istri tersebut. Tetapi tiba-tiba ia menerima sepucuk surat dari tamu yang pernah ditolongnya itu. Tamu itu mengundangnya untuk mengunjungi mereka di New York. Mereka juga memberikan tiket perjalanan ke New York kepada pemuda itu.

Setelah mereke bertemu, lelaki tua itu mengajak sang pemuda ke sudut Fifth Avenue and 34th Street. Di sana ia memperlihatkan sebuah gedung nan megah dengan menaranya yang menjulang tinggi.

"Itulah hotel yang saya bangun. Saya ingin kamu yang mengelolah hotel ini", kata laki-laki tua itu menunjuk ke arah bangunan besar tersebut.

"Anda pasti sedang bercanda, Tuan", ucap pemuda itu tidak percaya.

"Saya jamin, saya sedang tidak bercanda", ia berujar tegas sambil tersenyum.

Pemuda itupun tersenyum bahagia. Ia sama sekali tidak menduga laki-laki tua itu akan mewujudkan apa yang pernah diucapkannya dua tahun lalu. Laki laki tua itu adalah William Wardorf Astor seorang kaya raya yang bermukim di New York dan benar-benar telah membuktikan kata-katanya demi membalas kebaikan pemuda pelayan hotel yang telah menolongnya dua tahun lalu. Ia pun menjadikan pemuda yang bernama George C. Boldt itu sebagai seorang manager di sebuah hotel

mewah yang dengan nama Wardorf Astoria Hotel. Hotel tersebut kemudian menjadi salah satu dari jaringan hotel bergengsi di Amerika.

Referensi pihak ketiga

Sungguh benar-benar tak terduga menolong orang lain dengan cara yang sederhana dan dilakukan dengan ketulusan hati akan mampu mendatangkan balasan kebaikan yang lebih besar yang mampu mengubah kehidupan seseorang menjadi lebih baik. Maka dari itu tidak usah ragu memberikan pertolongan pada sesama, jangan terlalu memikirkan balasan yang akan kita dapatkan nanti karena ada Dia Sang Pemilik Kehidupan ini yang sudah mengatur segalanya. Yakinlah setiap kebaikan yang ditebarkan, pasti akan menuaikan kebaikan juga bagi diri kita di suatu hari nanti.(NY)

Topic:
READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot