UC News

King Cobra 'Raksasa' Ini Baru Aja Ditemukan di Pedalaman Kalimantan. Katanya yang Terpanjang di Dunia!

King Cobra 'Raksasa' Ini Baru Aja Ditemukan di Pedalaman Kalimantan. Katanya yang Terpanjang di Dunia!

Nama Made Dwi Sudarmawan mendadak viral semenjak beberapa foto dirinya saat bermain dengan seekor ular King Cobra tersebar luas di media sosial. Kehebohan itu dipicu soal ukuran ularnya yang sangat atas rata-rata bahkan bisa dibilang "raksasa".

Sontak temuan Made ini pun memancing rasa penasaran netizen terkait ular paling berbisa di dunia ini. Berikut beberapa fakta terkait King Cobra raksasa temuan Made.

Baca Juga: Bosan Ah Sama yang Lucu-lucu. Yuk Liat 11 Foto Serangan Ular yang Bikin Ngeri-ngeri Gimana Gitu

1. Ular Kobra terpanjang yang pernah ada

www.keepo.me

Ular Kobra yang ditemukan Made Dwi Sudarmawan ini diklaim paling terpanjang di dunia, ular Kobra yang memiliki nama latin Ophiophagus Hannah ini ditaksir memiliki ukuran sepanjang 6 meter.

Hal ini juga dibenarkan oleh Amir Hamidy, Kepala Laboratorium Herpitologi Puslit Biologi LIPI,yang mengatakan kalo ular Kobra memang bisa mencapai panjang 5 - 6 meter tergantung kondisi lingkungan.

Baca Juga: Orangtua Durhaka! Video Balita Lagi Main Sama Ular Kobra ini Sengaja Dibiarkan dan Direkam Biar Terkenal!

2. Jadi hewan peliharaan

www.keepo.me

Dilansir detik.com, ular Kobra "raksasa" yang berasal dari Kalimantan itu ternyata merupakan hewan peliharaan.

Menurut Ketua Yayasan Sioux Ular Indonesia (YSUI), Aji Rahmat, kalau ular yang ditemukan Made Dwi Sudarmawan itu merupakan ular peliharaan karena sebelumnya pernah dilatih agar jinak saat dipegang.

Kalau bukan ular peliharaan tentu ukurannya tidak sebesar itu, dan yang pasti tidak sejinak itu jika dipegang manusia.

Baca Juga: Terlalu Cinta Sama Ular, ABG ini Akhirnya Tewas Dipatuk Ular Kesayangannya Sendiri

3. Diduga alami obesitas

www.keepo.me

Aji juga menuturkan kalau ukuran Kobra yang ditemukan di Kalimantan itu karena mengalami obesistas. Lebih lanjut Aji juga memberikan penjelasan jika sebenarnya ular juga memiliki ukuran layaknya manusia, ada yang gede, kecil, kerdil dan gendut.

Baca Juga: Barbar Sangat! Cewek Ini Bunuh Ular Kobra Gara-Gara 'Badmood'!

4. Hewan kanibal

www.keepo.me

Dengan ukuran sebesar itu, menurut Aji, makanannya sudah bukan tikus atau hewan kecil lagi, tapi mampu memakan piton dan memangsanya. Karena Kobra sejatinya ular kanibal, jika tidak ada mangsa mereka bisa saja membunuh sesamanya untuk bertahan hidup.

Baca Juga: Ngajak Anjing Jalan-Jalan sih Udah Biasa. Kayak Orang Ini Dong Ngajak Kobra Jalan-Jalan. Greget Abis

5. Taring masih utuh

www.keepo.me

Saat menunjukkan foto king kobra dari Kalimantan yang viral itu. Aji mengatakan kalau taring ular itu nggak dipatahin oleh pemiliknya, masih dibiarkan utuh.

Menurut Aji,ular sama seperti manusia, jika taringnya dipatahkan tentu nggak bisa makan.

6. Diklaim sebagai ular tercedas

www.keepo.me

Sesuai dengan namanya, King Cobra termasuk kategori ular tercerdas yang pernah ada. Menurut Kepala Laboratorium Herpitologi Puslit Biologi LIPI, Amir Hamidy, ular Kobra bisa mengontrol diri kapan waktunya menggigit, kapan waktunya melumpuhkan mangsanya dengan bisa dan kapan waktunya bertahan.

www.keepo.me

Sementara itu, lewat akun pribadinya Made memberikan notif kalau dia telah melepas ular tersebut ke alam. Made juga mengabadikan momen pelapasan King Cobra itu lewat dua buah foto yang telah diunggah di akun Facebooknya.

Sudah sepatutnya kita sebagai manusia menjaga dan melestarikan lingkungan. Sebisa-bisanya ular, mereka tidak akan menyerang manusia jika lingkungan tempat tinggal mereka tidak diganggu.

Maka dari itu, jika ada ular masuk rumah jangan keburu dibunuh. Cukup usir saja agar mereka bisa hidup di alam bebas.

Salam pecinta reptil!

Topic: #piton #tikus
READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot