UC News

Kisah Iblis Yang Ikut Masuk Ke Dalam Kapal Nabi Nuh

Kisah Iblis Yang Ikut Masuk Ke Dalam Kapal Nabi Nuh
Referensi pihak ketiga (ilustrasi)

Assalamu'alaikum wr.Wb.. Pada kesempatan kali ini saya akan menceritakan kisah tentang Iblis yang ikut memasuki kapal Nabi Nuh AS. Kisah ini dikutip dari www.alif.id (15/07/2019)

Nabi Nuh AS adalah Nabi dan Rasul urutan ketiga yang wajid diketahui. Beliau diutus dengan membawa syariat baru dan mengganti syariat Nabi Adam AS. Nabi Nuh AS memiliki usia yang cukup panjang. Banyak sekali riwayat yang menyabutkan usia Nabi Nuh AS. Ada yang menyebut bahwa Nabi Nuh sampai pada usia 1450 tahun, ada yang menyebutkan 1200 tahun, namun yang paling banyak adalah yang meriwayatkan bahwa Nabi Nuh AS wafat pada usia 950 tahun.

Perkara yang paling dikenal sepanjang sejarah dari Nabi Nuh AS adalah Bahtera atau Kapal besar yang dibuatnya untuk menyelamatkan umatnya dan populasi makhluk hidup dari adzab yang Allah turunkan.

Awal mula Adzab tersebut adalah karena doa Nabi Nuh AS yang terus menerus melihat kezaliman yang dilakukan kaumnya. Beliau meminta kepada Allah SWT untuk menurunkan adzab bagi seluruh orang-orang yang zalim.

Allah SWT mengabulkan doa tersebut dan memerintahkan Nabi Nuh AS untuk membuat Bahtera atau Kapal. Dan Allah SWT mengutus Malaikat jibril untuk mengajarkan proses pembuatan kapal tersebut.

Singkat cerita, terciptalah kapal Nabi Nuh AS. Bahtera itu terdiri dari tiga tingkat, tingkat yang paling bawah adalah untuk hewan-hewan dan tumbuhan, tingkat kedua untuk bahan-bahan makanan dan barang-barang, dan tingkat yang paling atas untuk Manusia.

Nabi Nuh AS beserta para pengikutnya mulai memasukkan hewan satu demi satu hingga sampai pafa hewan terakhir yang dimasukkan kapal, yakni Khimar atau Keledai. Saat itulah Iblis memasuki Kapal Nabi Nuh AS dengan cara bergelantungan pada ekor Khimar.

Pada saat Nabi Nuh AS melihat Iblis tersebut, Beliau berkata "Hai musuh Allah, siapa yang memperbolehkanmu masuk?"

"Saat kau berkata pada Khimar, Masuklah meski setan bersamamu" jawab Iblis.

"Keluarlah dari sini" ucap Nabi Nuh AS.

"Tolong biarkanlah aku, sesungguhnya aku telah ditangguhkan" pinta Iblis.

Maka, Nabi Nuh AS menyuruhnya untuk duduk disebuah ruangan. Iblis itu kemudian berkata kepada Nabi Nuh AS "Ada lima perkara yang akan merusak Manusia, tiga diantaranya akan aku ceritakan padamu dan dua diantaranya tidak akan aku ceritakan"

Sesaat sebelum Nabi Nuh AS me jawab perkataan Iblis tersebut, Allah SWT menurunkan Wahyu kepada beliau bahwasanya tiga perkara yang akan diceritakan iblis itu tidaklah perlu, tetapi yang terpenting adalah dua perkara yang dirahasiakan iblis tersebut.

Maka, Nabi Nuh AS pun memaksa Iblis untuk menceritakan dua perkara yang dirahasiakan tersebut, lalu Iblis akhirnya menceritakan dua perkara itu

"Kedua perkara itu adalah dua perkara yang tidak akan engkau dustakan atau ingkari, yakni Manusia akan rusak karena sifat Hirs (ingin) dan Hasad (iri). Karena Hasad, aku dilaknat dan dijadikan setan/Iblis. Dan karena Hirs, aku bisa menarik hati Adam, sehingga dia memakan buah yang dilarang di Syurga. Padahal dia diperbolehkan memakan apapun kecuali buah pohon tersebut"

Diriwayatkan bahwa pada saat Allah SWT menurunkan Azab-Nya, para Setan juga terhempas oleh badai sampai berterbangan diantara langit dan bumi. Banyak sekali setan yang mati pada saat petaka itu terjadi.

Wallahu A'lam.. demikianlah sepenggal kisah Iblis yang ikut masuk ke kapal Nabi Nuh AS. Semoga kisah ini dapat menginspirasi dan memotifasi kita semua untuk senantiasa meningkatkan kadar Iman dan Taqwa kita kelada Allah SWT.

Mohon maaf apabila ada salah dalam penulisan, karena kesempurnaan hanyalah milik Allah SWT. Wassalam

Topic: #doa
READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot