UC News

Konsep pesawat terbang nuklir di masa depan

Konsep pesawat terbang nuklir di masa depan
sumber: cnn.com/travel

CNN.COM, Dari pesawat sayap campuran yang ditenagai oleh fusi nuklir hingga generasi baru pesawat ruang angkasa yang dirancang untuk mengangkut wisatawan ke bulan, sulit untuk tidak terpesona oleh desain pesawat ambisius berani Oscar Viñals .

Konsep futuristik desainer yang berbasis di Barcelona menyerupai sesuatu dari film fiksi ilmiah. Tetapi perancang itu tidak berafiliasi dengan NASA atau organisasi riset kedirgantaraan lainnya.

Dia bahkan tidak memiliki gelar di bidang teknik kedirgantaraan. Namun, visinya yang berani tentang masa depan telah menangkap imajinasi penggemar terbang di seluruh dunia.

"Teknologi seringkali datang dalam gelombang gangguan radikal, bukan melalui perubahan progresif," katanya kepada CNN Travel .

Konsep futuristik

Tidak satu pun dari konsep-konsep Vinal yang mungkin menjadi kenyataan dalam waktu dekat.

Agar mereka membuahkan hasil, teknologi yang memungkinkannya perlu bergerak melampaui tahap konseptual murni.

Namun dia tetap bersikeras tentang kelayakan desainnya - setidaknya dari sudut pandang teoritis.

"Saya tidak bermaksud desain saya hanya untuk menjadi cantik atau menarik," kata desainer, yang menghabiskan sebagian besar karir profesionalnya sebagai desainer grafis lepas untuk tim balap motor yang kompetitif.

"Setiap dari mereka didukung oleh penelitian mendalam dan harapan bahwa suatu hari mereka dapat berfungsi sebagai dasar dari proyek nyata.

"Bersihkan pesawat, nanoteknologi, kecerdasan buatan, fusi nuklir portabel, sistem kendali fluks aktif.

"Banyak dari hal-hal ini sekarang di laboratorium, pada tahap konsep, dan saya pikir banyak dari ini pada akhirnya akan menjadi kenyataan."

Desainer otodidak

Desain ambisius dan spekulatif dari Viñals tampaknya cocok untuk masa-masa itu, ketika teknologi baru yang mulai mengganggu mulai mendefinisikan kembali apa yang dapat kita harapkan dari industri penerbangan dalam beberapa dekade mendatang.

Kurangnya latar belakang teknik kedirgantaraan formal juga tidak terbukti menjadi hambatan, karena ia membenamkan dirinya dalam program belajar mandiri yang intensif.

Viñals juga telah menginvestasikan sejumlah besar uang dalam alat-alat canggih, seperti perangkat lunak desain pesawat terbang kelas profesional.

Hasilnya adalah campuran eklektik yang sesuai dengan visi Vilan tentang masa depan di mana berbagai teknologi berkembang secara paralel, masing-masing mencakup ceruk pasar tertentu.

"Untuk perjalanan yang lebih pendek, kami akan menggunakan pesawat listrik dan hibrida dengan berbagai ukuran, sementara untuk jarak yang lebih jauh, kami mungkin memiliki pesawat hipersonik yang menggunakan suborbital - opsi untuk penumpang paling makmur atau petualang - atau pesawat supersonik yang mampu mengangkut beberapa ratus orang , "katanya pada CNN Travel.

"Yang terakhir ini dapat didukung oleh teknologi propulsi baru seperti reaktor fusi kompak atau sistem ramjet.

"Akhirnya, pesawat raksasa dengan tiga lantai yang ditenagai oleh mesin hybrid bisa seperti garis samudera tadi, membawa ratusan penumpang pada satu waktu."

Kemungkinan tanpa batas

Sebuah benang merah di seluruh portofolio Viñals, di samping sifat desain yang mempesona, adalah fokus pada teknologi ramah lingkungan.

Ambil AWWA Sky Whale, desain pesawat dengan sayap yang dapat memperbaiki sendiri yang dapat mengangkut 755 penumpang, misalnya - atau AWWA-QG Progress Eagle, pesawat bertingkat tiga dengan emisi karbon nol.

Dia antusias tentang prospek fusi nuklir sebagai sumber energi tanpa emisi dengan kemungkinan yang hampir tidak terbatas.

"Ya, masih bertahun-tahun lagi, tetapi jauh dari kenyataan, bahkan nama-nama besar dalam industri berinvestasi dalam hal ini," katanya.

"Lockheed Martin, misalnya, telah bekerja pada reaktor fusi nuklir portabel selama beberapa tahun."

Faktanya, pesawat Valan tidak hanya bebas emisi, tetapi juga akan memberikan kontribusi positif untuk menjaga langit kita tetap bersih.

Beberapa konsepnya akan dilengkapi dengan perangkat untuk menangkap dan menarik karbon dari atmosfer dan dia bahkan membayangkan pesawat yang dilengkapi laser yang dapat menghancurkan semua jenis puing buatan dari luar angkasa (MKS-1B LSJC Space Debris Cleaner ).

Tentu saja, hanya waktu yang akan mengatakan seberapa banyak dari ini akan menjadi kenyataan.

Viñals telah didekati oleh perusahaan dan investor yang aktif di bidang inovasi dirgantara dengan pandangan untuk memanfaatkan kreativitas dan wawasannya dan membuka jalan baginya untuk menjadikan desain pesawat sebagai pekerjaan penuh waktu.

Tetapi sementara itu, jelas bahwa ia bermaksud untuk terus membayangkan masa depan yang mungkin tidak terlalu jauh.

Sumber artikel: edition.cnn.com/travel/article/oscar-vinals-future-of-flight/index.html

Topic: #luar angkasa
READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot