UC News

Kota Saranjana, Kota Ghaib Di Kalimantan Pernah Tercatat Di Peta

Kota Saranjana, Kota Ghaib Di Kalimantan Pernah Tercatat Di Peta
Referensi pihak ketiga

Halo Bro/Sis... diindonesia hal - hal yang berbau ghaib dan mistis sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari. Walaupun begitu kadang hal-hal ghaib memang terlihat menarik.

memang sulit untuk dibuktikan, namun mereka yang menjadi saksi hidup atas hal ghaib yang pernah mereka rasakan dan menyebar dari mulut ke mulut membuat sebagian orang yakin bahwa hal - hal tersebut memang ada.

Tak hanya mahluk ghaib yang tak kasat mata, namun manusia ghaib yang disebut orang bunian, sebutan itu adalah mitos sejenis makhluk halus yang dipercaya oleh masyarakat Minangkabau dan Melayu di Sumatera, Indonesia serta di Malaysia Barat. Kadang juga disebut manusia halimun dalam kebudayaan lain, intinya sih sama mahluk tak kasat mata berbentuk manusia.

Namun kita tidak bicarakan mahluk gaib berwujud manusianya namun sebuah kota yang ada di kalimantan.

Menurut cerita yang beredar luas di masyarakat Kalimantan, ada beberapa orang yang pernah melihat kota ini. Tapi, menurut beberapa cerita, Kota Saranjana memang tak terlihat, tetapi memang sebenarnya ada.

Referensi pihak ketiga

Kota Gaib Saranjana Terletak di Sebuah Pulau.


Kota Saranjana sudah melegenda bagi masyarakat Borneo. banyak yang menyebut lokasinya ada di sebuah bukit kecil yang terletak di Desa Oka-Oka Kecamatan Pulau Laut Kelautan, Kalimantan Selatan. Berbatasan langsung dengan laut, bukit ini cocok dijadikan destinasi wisata. Namun, tempat ini dianggap angker oleh penduduk sekitar.

Masyarakat Kota Baru menyebut pulau ini dihuni oleh banyak makhluk halus atau jin. Kota yang mereka bangun ini di sebut kota Sarajana. Karena itulah penduduk menyebut Saranjana sebagai kota gaib, oleh karena itu hanya yang terpilih atau yang memiliki kemampuan lebih saja yang bisa melihat kota ini.

Namun, banyak wisatawan yang mengaku melihat aktivitas manusia di tengah-tengah gedung pencakar langit di Kota Saranjana. Namun, ketika begitu dekat dengan Kota Saranjana, pemandangan berganti menjadi gunung yang langsung berbatasan dengan laut.

Rumor ini menjadi semakin misterius karena lokasi kota ini tak tercatat dalam peta Indonesia, bahkan di Google Maps sekalipun.

Referensi pihak ketiga

Namun pada tahun 1845,, kota Saranjana ini sempat ada di dalam peta buatan Salomon Muller. Pada keterangan peta tersebut ada wilayah bernama Tandjong (hoek) Serandjana.

Dalam peta itu, Kota Saranjana ada di sebelah selatan Pulau Laut. Itulah sedikit cerita tentang Kota Sarandjana, kota gaib di Kalimantan.

Gimana? bagi kalian yang pernah atau bahkan tinggal di kalimantan melihat kota modern ini, kota yang penuh misteri keberadaannya. benarkah kota ini banyak ditinggali makhluk ghaib ?? Atau kota yang dibuat oleh manusia namun tak ingin diketahui oleh manusia yang ada saat ini ??

Sumber Referensi :

Https://www.tribunnews.com/regional/kisah-kisah-mistis-kota-gaib-saranjana-di-kotabaru-nomer-5-bikin-merinding

Https://www.tribunnews.com/regional/saranjana-kabupaten-ghaib-terdapat-gedung-tinggi-dan-banyak-mobil-mewah

https://bali.tribunnews.com/mistis-kota-saranjana-dihuni-sosok-gaib-kaya-raya-dan-gagah-menawan-harta-mewah-tak-bertuan


READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot