UC News

Lengkap! Kupas Fitur Unggulan Yamaha MT-15 2019 Versi Indonesia

Lengkap! Kupas Fitur Unggulan Yamaha MT-15 2019 Versi Indonesia

Yamaha MT-15

Otomania.com - Yamaha meluncurkan MT-15 secara resmi dengan banderol Rp 34,95 juta (on the road Jakarta).

Melihat secara langsung motor ini untuk pertama kalinya, saya merasa MT-15 punya potensi untuk jadi idola baru naked bike di Indonesia.

Godaan itu datang dari desain keseluruhan serta teknologi yang diusungnya sudah pas. Yuk kita langsung lihat detailnya. Apa saja yang dimiliki motor ini.

Yamaha MT-15 di salah satu dealer di Jakarta

Desain
Secara postur, MT-15 punya ukuran 1.965 mm x 800 mm x 1.065 mm (PxLxT), dengan sumbu roda 1.335 mm dan bobot isi 133 kg.

Kemudian hal yang paling banyak jadi perhatian tentu saja tampilannya yang gagah, padat dan tampak sangar bro.

Sasis deltabox juga memberi efek kekar dengan bagian besi kotak yang terekspos sangat jelas.


Bentuk batok lampu layaknya topeng dengan sepasang mata yang sedang memicing, dan itu adalah lampu DRL (Daytime Running Light) LED dengan mika yang buram.

Di bawahnya ada lampu proyector yang sudah LED, yang menjadi sumber penerangan utamanya.

Jelas cahaya lampu akan fokus. Detail proyectornya pun cakep punya, dengan sirip-sirip untuk membantu mendinginkan suhu lampu.

Lampu Yamaha MT-15

Nah lampu ini ternyata dijual assy oleh Yamaha, banderol di parts catalogue Yamaha harganya ada diangka Rp 2,3 jutaan. Lumayan ya?

Bentuk batok lampu ini secara keseluruhan ada unsur MT Series (MT-09 dan MT-10) yang punya desain seperti topeng.

Untungnya batok lampu yang keren ini enggak akan tertutupi plat nomor nantinya, karena Yamaha memberikan dudukan di bawah lampu utama.

Ciri khas MT Series lainnya juga terlihat dari lekukan tangki dan shroud dengan kisi-kisi yang tertutup jaring-jaring kawat.

Eh tapi kisi-kisi ini cuma hiasan ya, enggak berfungsi untuk mengalirkan udara menuju box filter atau apa pun.
Sasis deltabox Yamaha MT-15


Radiator juga tertutup rapi dengan cover yang diberikan emblem MT, jadi terlihat lebih mewah dan keren disini.

Area mesin yang terbuka, termasuk tabung reservoir radiator, diberikan penutup jadi berkesan rapi.

Cover engine punya ukuran besar dan bentuknya mirip sama milik Yamaha MT-25, padat.


Yamaha MT-15

Bodi belakang sampai tengah terlihat pendek, memberikan kesan motor padat di bagian depannya.

Namun untuk berboncengan, rasanya nyaman-nyaman saja dengan ergonomi yang pas baik untuk pengendara atau pembonceng.

Bodi belakang Yamaha MT-15 pendek, pengunci jok terlalu longgar

Buritan yang pendek diisi dengan lampu belakang yang sudah LED, serta sepakbor belakang yang menjorok untuk menutupi bagian atas roda.

Sepakbor ini jadinya terlihat panjang, karena ujung bodi nyaris separuh dari titik tengah roda belakang.

Saat melihat area jok, rasanya motor ini akan lebih nyaman karena model jok menyatu antara pengendara dan pembonceng.

Belum lagi area duduk pembonceng enggak terlalu tinggi dan permukaannya lebih rata.

Semuanya jika dibandingkan dengan milik Xabre yang anut jok terpisah dan posisi jok yang agak miring kedepan.
Jok Yamaha MT-15 model menyatu

Tapi dari tampilan MT-15 yang semenarik ini, ada 1 hal yang harusnya bisa diperbaiki lagi oleh Yamaha.

Itu adalah pengunci jok MT-15 ini yang kendur, sehingga ada celah yang lumayan besar yang memberi kesan enggak rapat.

Yamaha MT-15

Fitur & Teknologi
Kelengkapan motor ini terbilang pas, enggak banyak tapi cukupan dan sesuai motor-motor keluaran terbaru.

Misal lampu depan-belakang sudah LED, walau lampu seinnya masih menganut bohlam biasa.

Lampu Yamaha MT-15 sudah proyector LED


Kemudian panel spidometer sudah full digital, yang punya bentuk persis R15 dengan tampilan layar negatif display.

Isi layarnya lengkap dari spidometer, takometer, trip A-B, trip fuel, konsumsi BBM rata-rata dan real time, posisi perseneling, fuel meter dan indikator VVA.

Diluar itu ada indikator gigi netral, check engine, suhu mesin, lampu sein, lampu jauh dan shift light yang posisinya di tengah-tengah atas spidometer.
Spidometer Yamaah MT-15 persis R15


Kemudian untuk mesin, MT-15 punya spesifikasi yang mirip dengan R15 juga loh.

Kapasitas 155 cc, SOHC, 4 katup pendingin cairan dan injeksi bahan bakar pastinya. Diameter piston dan langkahnya pun sama, 58 mm dan 58,7 mm.

Maka peak power dan torsinya pun identik, tenaga puncak 19 Hp @10.000 rpm, dengan torsi 14,7 Nm @8.500 rpm.

Mesin ini sudah dilengkapi dengan sistem katup VVA (Variable Valve Actuation) untuk menjaga performa tetap stabil ditiap putaran mesin.
Mesin Yamaha MT-15 sudah assist & slipper clutch


Dan juga ada fitur Assist & Slipper Clutch, yang membuat handel kopling lebih ringan dan kenyal saat ditarik.

Kalau fitur Slipper Clutch, dia akan mencegah roda belakang mengunci saat perpindahan gigi dengan cepat akibat efek dari engine brake.

Kaki-Kaki
MT-15 hadir dengan kaki-kaki yang padat karya dan besar, enggak percaya?

Suspensi depan upside down warna emas dengan diameter as 37 mm, yang buatan Yamaha namun made in China.

Suspensi ini mengawal pergerakan dari pelek ukuran 2.75 inci ring 17 inci, berbungkus ban 110/70-17.

Yamaha MT-15

Kaki-kaki Yamaha MT-15 terlihat padat

Rem depannya cakram yang dijepit dengan kaliper 2 piston.

Kalau belakang sudah pakai suspensi monosok dengan link, yang membuat bantingan jadi lebih lembut.

Yang menarik ulir suspensi belakang dilabur warna kuning cerah, sehingga memberikan kesan segar di bagian kolong.

Tapi yang perlu diingat, enggak ada setelan suspensi seperti preload sama sekali baik, untuk bagian depan dan belakangnya.

Lengan ayunnya sendiri sudah alumunium dengan bentuk yang gagah dan besar, memberi kesan padat di area belakang.

Lanjut kebagian pelek, ukurannya termasuk lebar dengan 4 inci ring 17 inci, dibalut ban 140/70-17.

Rem belakang juga sudah cakram, namun dikawal kaliper 1 piston.

Pelek belakang Yamaha MT-15


Topic: #yamaha
READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot