UC News

Luar Biasa, Inilah 7 Klub Di Eropa Dengan Jumlah Rata-Rata Penonton Terbanyak Saat Ini

Baru-baru ini UEFA mengeluarkan info tentang stadion mana saja yang jumlah rata-rata penontonnya menjadi yang terbanyak. Sudah menjadi rahasia umum jika pertandingan sepakbola papan atas di benua biru pastilah jumlah penontonnya selalu banyak walaupun harga tiket masuknya tidak murah. Kapasitas tempat duduk pun menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi dalam jumlah rata-rata penonton terbanyak. Seperti biasa, liga top Eropa mendominasi dan berikut ini adalah 7 stadion di Eropa dengan rata-rata penonton terbanyak sepanjang 2018 dan hingga awal 2019.

1. Signal Iduna Park (Dortmund)

Luar Biasa, Inilah 7 Klub Di Eropa Dengan Jumlah Rata-Rata Penonton Terbanyak Saat Ini
stadiumdb.com

Di posisi pertama adalah Signal Iduna Park yang setiap pertandingannya bisa mendatangkan 79.000 orang. Kapasitas stadion yang besar plus adanya tribun berdiri menjadi salah satu faktornya. Selain itu para pendukung Dortmund juga termasuk yang paling loyal dalam mendukung tim di stadion dengan koreografi yang menarik.

2. Allianz Arena (Munchen)

stadiumdb.com

Di posisi kedua masih ditempati oleh wakil dari Jerman. Allianz Arena, stadion dengan desain yang mahal ini mampu mendatangkan 75 ribu penonton setiap pertandingan yang dilakoni oleh Bayern Munchen. Di Liga Champions, Allianz Arena hampir selalu dipastikan akan penuh.

3. Old Trafford (Manchester United)

stadiumdb.com

Old Trafford menjadi stadion terbesar di Premier League selain Wembley yang saat ini digunakan sebagai stadion sementara Tottenham. Old Trafford mempunyai rata-rata jumlah penonton sebanyak 74.000 orang dalam kandang Manchester United baik itu di Premier League maupun Liga Champions.

4. Wembley (Tottenham Hotspur)

stadiumdb.com

Seperti yang sudah disebutkan, Tottenham yang masih mengungsi di kandang sementara, Wembley. Stadion terbesar di Inggris ini didatangi oleh rata-rata 67.000 penonton ketika pertandingan Tottenham Hotspur digelar. Tentunya ini lebih tinggi dibandingkan ketika Spurs masih berkandang di White Hart Lane.

5. Camp Nou (Barcelona)

stadiumdb.com

Salah satu stadion terbesar di dunia ini didatangi oleh sekitar 66.500 penonton setiap Barcelona bertanding. Jumlah kursi di Camp Nou sangat banyak dan mencapai empat tingkat. Tapi dalam rataan jumlah penonton Camp Nou hanya menempati urutan kelima dalam daftar ini.

6. Santiago Bernabeu (Real Madrid)

stadiumdb.com

Santiago Bernabeu yang merupakan markas musuh bebuyutan Barcelona menempati urutan keenam dan hanya selisih 400 penonton dengan Camp Nou dalam hal rata-rata jumlah penonton yang datang stadion.

7. Veltins Arena (Schalke 04)

stadiumdb.com

Lagi-lagi dari Jerman, yaitu Veltins Arena yang adalah stadion milik Schalke 04 yang mampu mendatangkan penonton sekitar 61.000 orang di setiap pertandingan. Ya, walaupun klub ini termasuk tim papan tengah di Jerman dan baru saja dibantai oleh Manchester City di Liga Champions, 7-0.

Referensi:

www.transfermarkt.co.uk/uefa-champions-league/besucherzahlen/pokalwettbewerb/CL

www.sportskeeda.com/football/top-5-stadiums-with-most-attendance-in-europe-this-season

READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot