UC News

Mahasiswa Ancam Akan Turun ke Jalan, Novel Baswedan: Perppu KPK Harus Segera Dikeluarkan

Mahasiswa Ancam Akan Turun ke Jalan, Novel Baswedan: Perppu KPK Harus Segera Dikeluarkan
Penyidik KPK Novel Baswedan (news.detik.com)

Detiknews.com, Jakarta - Menjelangan pelantikan, Jokowi didesak oleh beberapa kalangan terutama mahasiswa untuk menerbitkan Peraturan Perundang-undangan KPK (Perppu KPK).

Bukan hanya itu, penyidik KPK Novel Baswedan juga mendukung Perppu KPK untuk segera diterbitkan.

"Sangat perlu (Perppu diterbitkan)," kata kata Novel Baswedan di Pengadilan Tipikor, Jl Bungur Besar Raya, Jakarta, Rabu (9/10/2019). Novel berada di Pengadilan Tipikor Jakarta memberikan keterangan sebagai saksi kasus proyek e-KTP dan keterangan palsu untuk terdakwa Markus Nari.

Menurut penyidik KPK Novel Baswedan bahwa Perppu KPK harus segera dikeluarkan supaya KPK bisa melaksanakan tugas dengan baik.

"Harus keluar (Perppu) kalau tidak keluar gimana kita kegiatan dengan UU seperti itu," ujar Novel.

Sebelumnya dikabarkan bahwa mahasiswa mengancam akan kembali turun ke jalan untuk menyampaikan aspirasinya secara besar-besaran jika Presiden Jokowi tidak membuat jajak pendapat soal penerbitan Perppu KPK.

Para mahasiswa juga sempat memberikan target dikeluarkannya Perppu KPK hingga Senin, 14 Oktober 2019 mendatang.

Jika dihitung, hingga pada Rabu (9/10/2019), waktunya tersisa 5 hari lagi menjelang deadline yang diberikan mahasiswa kepada Jokowi untuk memberi respons.

Dino Ardiansyah perwakilan mahasiswa mengatakan mahasiswa mereka akan menggelar demo besar-besaran setelah menemui Moeldoko untuk menyampaikan desakan penerbitan Perppu KPK ke Presiden Jokowi.

"Kalaupun sampai 14 Oktober tidak ada juga diskusi tersebut dan tidak ada statement dari Presiden, kita pastikan mahasiswa akan turun ke jalan dan lebih besar lagi," ucap Dino di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Kamis (3/10) lalu.

Sumber : detiknews.com


Topic:
READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot