UC News

Malam Ini! Lawan Vietnam, Ini 3 Opsi Formasi Yang Bisa Diturunkan Timnas U-23 Indonesia

Pena Hijau- Timnas Indonesia U-23 akan menjalani pertandingan hidup mati melawan Vietnam dalam laga kedua Grup K babak kualifikasi Piala Asia U-23 2020, Minggu (24/3/2019) malam ini.

Malam Ini! Lawan Vietnam, Ini 3 Opsi Formasi Yang Bisa Diturunkan Timnas U-23 Indonesia
Timnas U-23 Indonesia vs Vietnam (rctisports/instagram.com)

Dilansir dari bola.okezone.com (24/3/2019), pertandingan antara Timnas U-23 Indonesia menghadapi Vietnam akan berlangsung di My Dinh Stadium, Hanoi, Vietnam. Laga ini dijadwalkan bakal disiarkan secara live di RCTI, mulai pukul 19.00 WIB.

Di laga pertama, Egy Maulana Vikri dkk dikalahkan Thailand dengan skor 0-4. Sedangkan Vietnam meraih kemenangan 6-0 dari Brunei Darussalam di pertandinga pertama mereka.

(@RCTISports_/twitter.com)

Menatap laga melawan Vietnam, pelatih Timnas U-23 Indonesia, Indra Sjafri memastikan akan melakukan evaluasi dan perubahan terhadap timnya.

Dikutip dari indosport.com (23/3/2019), melawan Vietnam, ada 3 opsi formasi yang bisa diturunkan Timnas U-23 yakni:

(pssi_fai/instagram.com)

Formasi 4-3-3

Indra Sjafri harus bisa mengembalikan formasi skuatnya ke 4-3-3 seperti yang digunakan selama melakoni ajang Piala AFF U-22 2019 Februari lalu.

Formasi ini terbukti jitu, sebab skuat Garuda Muda berhasil meraih gelar juara. Bahkan selama kompetisi tersebut, para pemain tampil kompak dan dapat mengeluarkan kemampuan terbaiknya, seperti Luthfi Kamal yang spartan di lini tengah, serta sektor sayap yang diisi oleh Osvaldo Haay dan Witan Sulaiman.

Kelincahan Osvaldo dan Witan, mampu membuat Marinus Wanewar tampil garang dan kerap mencetak gol-gol penting. Formasi inilah yang harus kembali diturunkan Indra Sjafri, untuk mengalahkan Veitnam nanti.

(pengamatsepakbola/instagram.com)

Formasi 4-3-1-2

Formasi ini atau yang kerap dikenal 4-4-2 diamond, juga dapat menjadi opsi mantan pelatih Bali United ini untuk dapat dipakai Timnas Indonesia U-23 menghadapi Vietnam.

Formasi ini berfungsi untuk menutupi kekurangan postur badan para pemain Timnas Indonesia U-23, yang tidak banyak memiliki pemain berpostur badan tinggi.

Formasi ini juga sering diterapkan beberapa pelatih Tim Nasional, salah satunya Simon McMenemy di Timnas Indonesia senior.

"Saya punya sejarah, sering kali berhasil pakai 4-4-2 diamond dan kenapa tidak dicoba bersama Timnas Indonesia. Disini, saya pakai 4-4-2 karena melihat ada ability yang anak-anak bisa mainkan," ujarnya.

(indosport.com)

Formasi 3-4-3

Opsi formasi lain yang dapat diterapkan Indra Sjafri yakni 3-4-3. Formasi ini terbilang lebih fleksibel, lantaran dalam penerapannya baik menyerang dan bertahan sama baiknya.

Saat perlu bertahan, skuat Garuda memiliki lima pemain yang bertahan. Saat menyerang Timnas Indonesia U-23 juga memilki banyak pemain yang dapat membantu untuk menyerang.(*)

Bagaimana menurut UCers?

Sumber :

bola.okezone.com

indosport.com

READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot