UC News

Manfaat Mengonsumsi Buah Kurma Saat Berbuka Puasa

Manfaat Mengonsumsi Buah Kurma Saat Berbuka Puasa
Sumber: https://food.detik.com/info-sehat/d-4541304/ternyata-ini-manfaat-di-balik-tradisi-makan-kurma-saat-berbuka-puasa

Kurma merupakan salah satu makanan yang sering kita jumpai saat bulan ramadhan. Rasanya yang manis serta teksturnya yang lembut membuat kurma sangat cocok menjadi kudapan saat berbuka puasa. Selain rasanya yang lezat, kurma juga memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan. Mengkonsumsi kurma saat berbuka dapat memberikan dampak baik bagi tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaat mengonsumsi buah kurma saat berbuka puasa.

1. Memulihkan Energi

Setelah seharian beraktivitas dan menahan lapar, pasti membuat tubuh terasa lelah karena tidak ada asupan energi. Dan saat menjelang berbuka tubuh akan menjadi semakin lemas. Oleh karena itu saat berbuka menyantap kurma adalah pilihan yang tepat. Kandungan glukosa yang cukup tinggi dalam buah kurma dapat membantu memulihkan energi yang hilang selama berpuasa. Namun bagi penderita diabetes disarankan untuk tidak mengonsumsinya kurma terlalu banyak.

2. Membantu Pencernaan

Selama berpuasa perut akan kosong selama lebih dari dua belas jam dan membuat metabolisme berjalan lambat. Saat berbuka puasa pun, pencernaan akan tetap membutuhkan waktu untuk beradaptasi menerima makanan. Maka dari itu, mengonsumsi buah kurma yang lembut saat berbuka, akan membantu memulihkan pencernaan.

3. Mencegah Kelebihan Makan

Buah kurma yang kaya akan kandungan serat, akan akan membuat perut terasa cepat kenyang. Kandungan gula alami seperti glukoasa, fruktosa, dan sukrosa juga mudah dicerna oleh tubuh dan mengendalikan nafsu makan. Sehingga makan kurma saat berbuka juga dapat bermanfaat untuk menjaga berat badan.

4. Membuat Asam Darah Menjadi Normal

Saat tubuh membakar cadangan lemak untuk sumber energi saat berpuasa, maka hal ini akan membuat kadar keasaman darah meningkat. Akibatnya mulut akan mengeluarkan bau tidak sedap dan tubuh cepat merasa lelah. Maka dari itu, buah kurma mengandung garam alkain cocok menjadi santapan berbuka, karena mampu membuat asam darah menjadi normal.

5. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Saat puasa, jadwal makan dan asupan gizi akan berubah sehingga dapat mengganggu pencernaan. Terkadang saat berbuka puasa makanan yang kita konsumsi berlebih dan tidak sehat sehingga sistem pencernaan semakin terganggu. Tapi dengan mengonsumsi kurma yang kaya akan serat dapat membantu membersihkan usus dan mencegah sembelit.

Di atas adalah beberapa manfaat mengonsumsi kurma saat berbuka puasa. Terima kasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat.

Sumber: www.halodoc.com/5-manfaat-mengonsumsi-kurma-saat-berbuka-puasa

Topic: #kurma #puasa
READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot