UC News

Melihat Dari Dekat, Lubang Tempat Saddam Hussein Bersembunyi Sebelum Ditangkap Tahun 2003

Melihat Dari Dekat, Lubang Tempat Saddam Hussein Bersembunyi Sebelum Ditangkap Tahun 2003
Referensi pihak ketiga

Tidak ada analis militer yang menyangka bahwa kota Baghdad akan jatuh sedemikian mudah. Nyaris tanpa perlawanan, Garda Republik yang menjadi tulang punggung militer di irak, menyerah kalah hanya dalam waktu 3 hari. Saddam Hussein, beserta anak-anak dan pengawal setianya, berpencar menyelamatkan diri.

Referensi pihak ketiga

Saddam Hussein dan beberapa pengawalnya bergerak ke tanah kelahirannya, Tikrit. Bekalnya hanya uang tunai USD 3.000. Di desa Dawr, Tikrit, Saddam Hussein menemukan tempat persembunyian yang ideal. Dia berjumpa dengan seorang petani, Alaa Namiq. Petani ini semula tidak suka dengan gaya kepemimpinan Saddam semasa berkuasa. Doktrin agamanya lah yang membuatnya bersedia menolong Presiden terguling yang sedang kesusahan itu.

Referensi pihak ketiga

Pemimpin Irak yang telah berkuasa selama 24 tahun itu menanggalkan seragam militer yang biasa dikenakannya sehari-hari. Dia menggantinya dengan jubah khas pria Arab dengan motif kotak-kotak atau warna putih polos. Dia juga mengenakan surban sebagai penutup kepala sekaligus untuk menutupi wajahnya.

Referensi pihak ketiga

Alaa Namiq menggali lubang sebagai tempat persembunyian Saddam Hussein. Saddam juga menempati sebuah kamar sederhana di kediaman Namiq. Di lubang itulah Saddam ditangkap pasukan khusus Amerika Serikat. Seorang pengawalnya berkhianat.

Referensi pihak ketiga

Alaa Namiq, Saddam Hussein dan pengawalnya ditangkap. Setelah diadili, Saddam Hussein menjalani hukuman gantung. Alaa Namiq dibebaskan karena dianggap tidak bersalah. Rumah Alaa Namiq dan lubang persembunyian Saddam ditutup untuk umum untuk mencegah kultus individu yang membangkitkan sentimen Bela Saddam di kemudian hari.


Sumber artikel :

toutiao.com/a6666424661762376199/

Koleksi pribadi


Topic:
READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot