UC News

Memanfaatkan Peti Kayu Bekas Kemasan

Peti kayu atau boks kayu bekas kemasan, yang acapkali digunakan untuk keperluan packing barang-barang yang mudah pecah atau barang yang mudah rusak, seperti buah-buahan, telor, dan lain sebagainya, biasanya relatif masih kuat.

Memanfaatkan Peti Kayu Bekas Kemasan
Peti kayu bekas kemasan -- Referensi indotrading.com

Nah, tentu yang bekas pakai itu, dapat pakai ulang untuk berbagai kepentingan. Selain harganya relatif murah, turut menangani volume sampah, juga sekaligus mengasah kreativitas kita.

Sekali lagi, pemanfaatannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan kita. Ilustrasi saran penggunaan peti kayu bekas yang dapat menjadi inspirasi, setidaknya dapat dilihat pada tipsiana.com. Antara lain untuk:

Referensi tipsiana.com
Referensi tipsiana.com
Referensi tipsiana.com
  • Meja Kecil Kamar Tidur dan Ruang Tamu
  • Lemari Hias Gantung
  • Rak Penyimpanan
  • Kursi Multi Fungsi
  • Pot Bunga
  • Tempat Penyimpanan Perkakas Dapur

Kali ini kita akan fokus bagaimana cara pemanfaatannya untuk dijadikan rak buku atau tas bagi anak-anak di Taman Kanak-kanak atau sejenisnya pada satuan pendidikan di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Bagaimana cara menyulapnya. Ini dia tahapannya.

1. Melakukan pemeriksaan ulang terhadap peti kayu tersebut, apakah masih layak pakai, perlu perbaikan, atau dibongkar untuk penggunaan lain.

2. Gunakan obeng, gergaji, palu, paku, golok, tang untuk memberikan penguatan ulang, pada paku-paku atau penguat, seperti tali kawat atau tali kaleng.

3. Membersihkan area peti kayu dengan sapu, sikat, koas dan amplas, serta material lain yang tidak diperlukan dan untuk keamanan penggunaan oleh anak-anak nantinya. Terutama paku, kawat tali dan kaleng, hendaknya diperhatikan dengan seksama.

Pengecatan peti kayu -- Referensi koleksi pribadi
Referensi koleksi pribadi

4. Berikan sentuhan tambahan untuk lebih mempercantik peti tersebut, dengan cat tembok serta dengan aneka warna menyala, yang biasanya disenangi oleh anak-anak.

5. Gabungkan beberapa peti yang siap pakai menggunakan kawat tali dengan pemasangan yang ramah digunakan anak-anak. Maksimal 4 hingga 6 buah peti.

6. Lakukan penyimpanan peti sesuai dengan area ruang atau lahan yang tersedia. Agar lebih menarik dipandang.

7. Lapisi bagian dalam peti dengan kertas atau styrofoam agar terkesan lebih lembut. Cocokan pula dengan aneka warna yang senada.

Referensi publicinsta.com

8. Mencantumkan nama masing-masing anak tiap kotak akan terkesan lebih apik dan terencana.

Nah, demikian beberapa caranya. Menarik bukan?***

Sumber: tipsiana.com

READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot