UC News

Mengapa Ada Beruang Di Logo Atletico Madrid?

Mengapa Ada Beruang Di Logo Atletico Madrid?
Referensi pihak ketiga

Perlahan tapi pasti Atletico Madrid mulai tampil superior, mereka telah melakukan pekerjaan sempurna hingga mampu tampil sebagai jawara La Liga beberapa tahun yang lalu. Selain garang di La Liga, Atletico juga menjadi ancaman serius para klub-klub besar Eropa yang tampil dikompetisi Liga Champions.

Beberapa pemain bintang yang pernah singgah menjadi salah satu faktor kesuksesan tim asal kota Madrid ini. Regenerasi yang sangat baik menjadikan Atletico menjadi tim yang terus tampil konsisten disetiap musimnya.

Jika menilik pada sejarahnya Atletico menjadi tim yang sudah beberapa kali berganti stadion, selain itu mereka juga dikenal sebagai klub yang sudah melakukan perombakan logo berkali-kali, yang terbaru tepat dimusim 2017-2018 Atletico Madrid resmi menempati stadion baru dan juga memperkenalkan logo baru.

Referensi pihak ketiga

Dari pergantian logo tersebut Atletico berharap bisa membuat tim menjadi lebih maju dan mampu bersaing di kancah dunia. Perubahan logo yang dilakukan tetap menghormati sejarah klub dan tetap menonjolkan warna yang sangat mewakili Ateltico.

“Atletico de Madrid adalah klub yang bangga pada akar sejarahnya. Sebagai penghormatan kepada kota Madrid, gambar beruang dan pohon stroberi nampak semakin jelas di bagian atas logo dan lebih berbentuk bulat seperti halnya logo pertama klub ini”

“hari ini kami menambah satu logo dari seluruh logo yang kami punya sepanjang sejarah. Tapi kami tidak melupakan yang sebelumnya. Semuanya adalah milik kami dan kami sangat bangga pada semua logo itu, sejarah terus berlanjut.” Tulis pernyataan pihak Ateltico Madrid di situs resmi klub.

Referensi pihak ketiga

Jika diperhatikan lebih dalam memang terlihat sosok beruang pada logo Atletico Madrid. Tidak seperti Lazio, Leicester City hingga Tottenham dimana binatang mereka terpampang jelas, beruang Atletico baru terlihat ketika diperhatikan betul.

Beruang tersebut terlihat sedang mengambil buah pada sebuah pohon, usut punya usut beruang dan sebuah pohon itu ternyata terinspirasi dari sebuah tugu di kota Madrid yang biasa disebut ‘El Oso y El Madrono’, tugu yang terletak di Madrid tersebut punya berat 20 ton.

Referensi pihak ketiga

Beruang dan pohon tersebut sudah menjadi simbol sejak abad pertengahan, tugu itu sendiri terletak disalah satu daerah penting di Madrid yakni Puerta del Sol. Simbol populer itu terdiri dari dua hal yakni El Oso yang berarti 'beruang' dan El Madrono yang artinya 'pohon Madrono (arbei)'. Pohon madrono sendiri adalah sejenis pohon yang buahnya mirip dengan stroberi, di Indonesia sendiri biasa disebut dengan pohon arbutus.

Mengapa beruang? Karena konon pada awalnya nama kota tersebut bukanlah Madrid melainkan Ursaria yang jika diterjemahkan dari bahasa latin berarti 'tanah beruang'. Beruang-beruang tersebut tinggal di hutan yang didalamnya banyak sekali pohon madrono.

Referensi pihak ketiga

Selain siluet beruang dan sebuah pohon ada juga tujuh bintang yang tertera pada logo Atletico yang menunjukkan keterkaitan Atleti dengan beruang. Tujuh bintang tersebut diambil dari mitologi Ursa Major yang berarti beruang besar. Ursa Major ini merupakan salah satu rasi bintang dengan tujuh bintang yang menyala paling terang.

Sempat terjadi sedikit konflik saat Atletico resmi mengumumkan logo barunya. Ketika itu banyak penggemar yang tidak setuju dengan pergantian logo, mereka memang menyetujui stadion baru namun tidak dengan logo baru.

Referensi pihak ketiga

Pada laga melawan Las Palmas yang dihelat di stadion Calderon sekitar tahun 2016, 'el escudo, no se toca!' tau yang bermakna 'jangan sentuh lambangnya' tampak terus tersengar. Namun menurut beberapa lapoan tidak semua supporter mengikuti aksi ini.

Setelah dilakukan mediasi permasalahan itupun tidak berlanjut kini Atletico tampak lebih gagah dengan logo baru dan terus menampilkan permainan atraktif. Pemain seperti Antoine Griezmann, Jose Gimenez hingga Jan Oblak tampil memukau dibawah asuhan pelatih Diego Simeone.


Sumber:

Panditfootball.com (07/04/2018)

Sepakbola.com (18/12/2016)

READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot