UC News

Mengejutkan! Inilah Gunung yang Tertinggi di Dunia, Bukan Gunung Everest!

Gunung Everest secara teknis bukanlah gunung tertinggi di dunia.

Mengejutkan! Inilah Gunung yang Tertinggi di Dunia, Bukan Gunung Everest!
Pegunungan Himalaya dengan Gunung Everest sebagai puncak tertingginya (smithsonianmag.com)

Gunung Everest adalah gunung tertinggi di dunia di atas permukaan laut, namun bila nilai ketinggian yang betul-betul dipertimbangkan, dari dasar gunung hingga ke puncak, maka gunung tertinggi di dunia yang sesungguhnya adalah Mauna Kea yang berada di kepulauan Hawaii

Diterjemahkan dari geologyin.com (03/07/17), rahasia dari ketinggian Everest tidak didasarkan pada puncaknya yang menjulang ke angkasa, melainkan jauh di bawah tanah: mengenai bagaimana Everest terbentuk sehingga ia dapat berada di dataran tinggi.

50 juta tahun yang lalu, lempeng benua India menabrak lempeng benua Asia, suatu tubrukan (kolisi) antar lempeng terbesar di dunia dalam kurun 400 juta tahun terakhir. Kolisi ini berlangsung dengan dahsyat sehingga lempeng India tidak hanya remuk, tapi juga terangkat ke atas lempeng Asia. Lempeng India lalu perlahan membumbung naik ke angkasa.

Kondisi tektonik pegunungan Himalaya sebagai akibat kolisi antara lempeng Indi dan Asia (www.raon.ch)

Everest menjulang setinggi 8.850 m di atas permukaan laut, bandingkan dengan Mauna Kea yang hanya memiliki ketinggian 4.205 m bila dihitung dari atas permukaan laut. Namun hal yang tidak umum diketahui, gunung ini ternyata memanjang sejauh 6.005 m di bawah Samudera Pasifik: lebih dari setengah tubuhnya berada di kedalaman Samudera.

perbandingan ketinggian tiga gunung di dunia bila dihitung dari dasarnya (id.pinterest.com)

Bila tubuh Mauna Kea dihitung secara keseluruhan, maka total ketinggiannya menjadi sekitar 10.210 m, hampir 1.609 m lebih tinggi dari Everest.

Puncak Gunung Mauna Kea yang dianggap sakral oleh masyarakat lokal (earthtripper,com)

Mauna Kea adalah sebuah gunung api yang tertidur di pulau besar Hawaii. Berdasarkan para ahli, gunung ini berumur sekitar satu juta tahun, terbentuk ketika lempeng tektonik Pasifik bergerak di atas hotspot Hawai (suatu kantung magma cair yang berasal jauh dari dalam perut Bumi). Mauna Kea diketahui erupsi terakhir kali sekitar 4.600 tahun yang lalu.

READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot